6 Manfaat Buah Kiwi Untuk Tubuh Manusia

Buah kiwi yang mulanya berasal dari tiongkok dikenal memiliki kandungan vitamin C yang bagus. Buah ini mampu memberikan dampak positif bagi tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Biasanya buah yang rasanya lebih dominan asam, menunjukkan kandungan vitaminnya cukup tinggi. Namun, tak hanya vitamin C yang terdapat di buah ini tapi juga vitamin E. Berikut ini beberapa manfaat buah kiwi untuk tubuh manusia


Manfaat buah kiwi untuk tubuh manusia

1. Membantu menurunkan berat badan 
  
Buah kiwi memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat didalamnya berfungsi sebagai penetralisir. Bagi yang memiliki masalah dengan berat badan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. Konsumsi secara rutin membuat lemak di dalam tubuh bisa dikurangi.

2. Membantu meningkatkan imunitas

Vitamin C di dalam buah kiwi ini memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Berdasarkan beberapa pengalaman, mereka yang makan buah ini dengan teratur cenderung lebih tahan terhadap penyakit khususnya demam, flu atau batuk. 

3. Pencernaan jadi lancar 

Masalah yang cukup umum dihadapi manusia adalah pencernaan yang tidak lancar. Memakan buah kiwi bisa jadi salah satu cara membantu memaksimalkan proses pencernaan. Satu buah kiwi berukuran sedang rata-rata mengandung serat hingga 2,1 gram yang membuat buang air besar lebih teratur. Buah kiwi mengandung enzim bernama actinidin yang berfungsi mempercepat pemecahan protein sehingga lebih mudah diserap tubuh.  


4. Mengatur kadar gula darah 

Gula darah tak akan naik dengan cepat saat menyantap makanan dengan indeks glikemik rendah. Buah kiwi punya nilai indeks glikemik yang rendah, yakni hanya sekitar 48,5 saja sehingga tidak akan mempengaruhi kenaikan glukosa di dalam darah. Menyantap buah yang rendah indeks glikemik seperti kiwi juga cukup aman untuk penderita diabetes.  

5. Membuat mata jadi sehat

Buah kiwi juga dikenal memiliki fungsi beragam seperti membantu indra penglihatan. Sebuah sumber memaparkan bahwa menyantap tiga buah kiwi setiap hari dapat menurunkan risiko terkena macular degeneration hingga 36 persen. Bagi yang belum familiar, macular degeneration adalah gangguan penglihatan yang kerap menyerang penderita berusia 60 tahun ke atas.  

6. Mengencangkan kulit 

Kulit terlihat lebih kencang karena kandungan vitamin C di buah kiwi meningkatkan produksi kolagen. Kandungan vitamin E memiliki fungsi pencegah kerusakan sel. Kombinasi antioksidan pada vitamin C dan E pada kiwi inilah yang akan menjaga kulit tetap kenyal, lembut, dan lembap meski sering terkena paparan udara bebas.  

Posting Komentar untuk "6 Manfaat Buah Kiwi Untuk Tubuh Manusia"