Cara Dan Tips Memilih Mobil Bekas Yang Masih Layak Untuk Digunakan

Membeli mobil bekas masih diminati banyak orang. Tapi tidak boleh sembarangan kalau memilih mobil bekas. Sedikit saja salah memilih, maka anda akan mengalami kekecewaan. Pertimbangkan beberapa langkah agar anda tidak salah memilih mobil bekas. Berikut ini cara dan tips memilih mobil bekas yang masih layak untuk digunakan.


Khusus mobil bekas, butuh perhatian lebih soal memilih dan membelinya. Mobil bekas memang masih cukup layak untuk digunakan beberapa tahun ke depan. Namun, presentasi mobil bekas yang masih bagus untuk digunakan tidaklah terlalu besar, karena penggunaan awalnya tidak terlalu diketahui.

Cara dan tips memilih mobil bekas

1. Periksa bagian interior dan eksterior mobil. Pastikan apakah mobil tersebut pernah mendapatkan perawatan di bagian luar maupun dalam mobil, sentuh bila perlu untuk memastikan keadaan bodi mobil. 

2. Bawa mobil bekas tersebut. Bila perlu ujicoba di jalan tol, tambah topspeed untuk mengetahui apakah tenaga mobil tersebut benar-benar bermasalah. Kendarai juga mobil di jalanan yang bergelombang untuk memastikan apakah bagian kolong mobil masih berfungsi dengan baik.

3. Periksa mobil secara mendetail apakah pernah terjadi kecelakaan sebelumnya. Bila perlu tanyakan ke pemilik mobil, apakah mobil pernah di repair karena mengalami kecelakaan di jalan raya. Periksa pintu supir, penumpang dan pintu bagasi apakah masih dalam keadaan yang baik.

4. Jangan lupa memeriksa oli mesin. Buka stick pengukur oli dan lihat Apakah olinya sudah menghitam? jika memang seperti itu berarti mobil belum diganti oli mesinnya. Pastikan lampu indikator Check Engine seharusnya hidup sewaktu tombol pengapian dinyalakan walaupun mesinnya tidak dihidupkan. Lampu indikator harusnya mati bila mesin dalam keadaan hidup. Jika lampu indikator engine tetap hidup pada waktu mesin dihidupkan, ini memperlihatkan sedang terjadi masalah di bagian mesin mobil.

7. Coba periksa ban depan dan belakang. Jika ban sudah tipis, harus sesegera mungkin menggantinya. Periksa juga bagian kaki-kakinya apakah terdengar suara dengungan. Bunyi tersebut biasanya berasal dari link stabilizer, lahar roda ataupun shockbreker.

8. Pemeriksaan-pemeriksaan bagian lain. Coba periksa fan belt dan selang air, selang radiator apakah mengalami kebocoran. Coba tes keadaan rem tangan sewaktu berada di tanjakan. Periksa sistem exhaust mobil. Apakah suaranya terdengar lebih bising? Jika mobil menggunakan AC, apakah sistem pendinginnya berfungsi dengan baik? Apakah bola lampu, klakson, safetybelt, dan tombol powerwindow berfungsi dengan baik?


Cara dan tips memilih mobil bekas

Pemeriksaan bagian Mesin

-Apa yang anda rasakan sewaktu mesinnya dihidupkan?
-Sewaktu mesin dihidupkan, apa suaranya halus?
-Bagaimana tenaga mobil saat dibawa dengan kecepatan tinggi?

Pemeriksaan bagian Transmisi

-Apakah transmisi otomatisnya tidak bermasalah?
-Apakah persnelingnya cukup mudah digunakan?
-Apakah terdapat bunyi yang tidak mengenakkan di bagian persneling?

Pemeriksaan bagian Rem dan suspensi

-Apakah yang anda rasakan sewaktu menginjak rem?
-Apakah ada getaran yang anda rasakan sewaktu mengendarai mobil?
-Apakah ada suara dengungan saat melewati jalan berlubang?

Posting Komentar untuk "Cara Dan Tips Memilih Mobil Bekas Yang Masih Layak Untuk Digunakan"