Ini Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Buah Pisang


Pisang merupakan buah favorit banyak orang untuk dikonsumsi. Buah ini sangat sederhana, karena selesai dikupas langsung bisa dimakan. Mengupasnya pun tidak butuh waktu lama, hanya dalam hitungan detik. Tapi tahukah anda, para ahli yang berkecimpung di dunia kesehatan menyarankan agar anda mengonsumsi buah ini dengan rutin. Kenapa saran itu diberikan? tenyata karena buah pisang memang menyehatkan. Apa saja kandungan gizi yang terdapat pada buah pisang? Ini jawabannya.


Kandungan gizi yang terdapat pada buah pisang

Potassium : 9% dari AKG
Vitamin B6: 33% dari AKG
Vitamin C : 11% dari AKG
Magnesium : 8% dari AKG
Tembaga   : 10% dari AKG
Mangan    : 14% dari AKG
Karbhdrat : 24 gr
Serat     : 3,1 gr
Protein   : 1,3 gr
Lemak     : 0,4 gr

Kalori yang terkandung pada pisang sekitar 105 kcals, yang sebagian besar terdiri dari air dan karbohidrat. Jenis karbohidrat yang terkandung pada pisang mentah kebanyakan terdiri dari pati dan pati resisten. Pada pisang matang, pati telah berubah menjadi gula.

Buah pisang cukup mudah di dapat dan bukan merupakan buah musiman. Jenisnya pun cukup banyak sehingga anda diberikan pilihan yang bervariasi. Mengonsumsi buah pisang turut memperkokoh tulang Anda dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi serta stroke. 


Kandungan asam folat pada pisang mampu meminimalisir bahkan mencegah cacat pada bayi, salah satu vitamin B yang sangat penting bagi siapa saja yang sedang hamil atau dalam masa melahirkan. Pisang mengandung mineral-mineral lain yang sangat penting, seperti magnesium, yang membantu tulang menyerap kalsium sehingga tetap kuat.

Protein dalam pisang terdiri dari 18 asam amino, mencakup semua protein penting yang tidak dapat dihasilkan tubuh kita dalam jumlah yang memadai atau tidak sama sekali. Buah ini mengandung karbohidrat, yang cepat memberikan energi karena pisang sangat mudah dicerna. Pisang bisa dikategorikan sebagai sumber vitamin A, B, dan C. Selain itu, pisang juga bisa dijadikan bahan refrensi untuk yang sedang mmenjalankan program diet. Bisa dikonsumsi di malam hari sebagai pengganti nasi.

Posting Komentar untuk "Ini Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Buah Pisang"