Inilah Cara Menggunakan Sumpit Dengan Benar Dan Praktis

Kelihatan mudah dan sederhana tapi saat digunakan tanpa teknik yang benar anda akan merasa kesulitan. Apakah itu? Yang kami maksud adalah sumpit. Di negara-negara asia tidak sulit menjumpai alat makan ini, khususnya di restoran jepang dan cina. Umumnya sumpit bisa digunakan saat menyantap mie pansit atau daging yang diiris kecil-kecil. Memang harus diakui masih ada beberapa orang yang kesulitan menggunakan sumpit saat menyantap makanan. Artikel ini akan menjelaskan cara menggunakan sumpit dengan benar.


Bentuk sumpit

Sumpit adalah kayu kecil ramping yang panjangnya 20 hingga 25 sentimeter. Bagian atas sumpit biasanya persegi. Bentuk yang ramping itu membuatnya mudah dipegang dan mencegahnya menggelinding di atas meja. Bagian bawah biasanya bundar. 

Bila dibiasakan menggunakan sumpit saat makan, pada akhirnya anda akan mengerti bahwa menggunakannya harus dengan teknik yang benar. Di negara-negara seperti jepang dan cina, beberapa anak kecil bahkan sudah terbiasa menggunakan sumpit saat makan mie atau nasi.

Cara menggunakan sumpit dengan benar

- Peganglah sumpit menggunakan satu tangan saja, biasanya tangan kanan.

- Tirukan bentuk mangkuk dengan tangan Anda, dengan ibu jari terpisah dari jari-jari lainnya. Letakkan sebatang sumpit di celah antara ibu jari dan jari-jari lainnya, biarkan sumpit itu bersandar di dasar jari telunjuk dan di ujung jari manis.

- Lalu tempatkan batang sumpit yang satu lagi sejajar dengan yang pertama, dan pegang dengan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah, seperti memegang pensil. Sejajarkan kedua ujungnya dengan mengetukkannya ke atas meja. Sekarang, sambil menjaga sumpit bagian bawah tetap diam, gerakkan sumpit bagian atas dengan menggoyangkan jari telunjuk dan jari tengah ke atas dan ke bawah. Latih terus sampai Anda dapat menyatukan kedua ujung sumpit dengan mudah.


Menggunakan sumpit saat makan ikan atau daging

Bagaimana cara menggunakan sumpit jika yang mau disantap berupa daging ayam, bebek, atau panggul sapi yang tidak dipotong kecil-kecil? Biasanya daging itu dimasak sedemikian rupa sehingga sumpit bisa digunakan dengan mudah untuk memisahkannya menjadi potongan-potongan kecil. Jika anda memakan ikan, yang biasanya dihidangkan utuh, cobalah pisahkan tulang-tulangnya menggunakan garpu.

Menggunakan sumpit saat makan nasi

Saat memakan nasi, coba angkat mangkuk dengan tangan kiri, mendekatkannya ke mulut, dan menyuapkan nasinya dengan sumpit. Biasanya mangkuk yang digunakan disesuaikan dengan ukuran besarnya telapak tangan, sehingga anda bisa mencengkram mangkuknya dan mendekatkannya ke mulut anda. Nah, sepertinya tidak sulit kan untuk melakukannya. Jadi sebenarnya cara menggunakan sumpit dengan benar harus diawali dengan latihan dan fokuskan konsentrasi anda saat menggunakannya.

Posting Komentar untuk "Inilah Cara Menggunakan Sumpit Dengan Benar Dan Praktis"