Legenda Dan Asal-usul Bangsa Aztek

Apa yang anda ketahui tentang bangsa Aztek? mungkin suku ini terdengar cukup asing di telinga anda. Tapi tahukah anda kalau bangsa ini dahulu cukup populer? Menurut legenda turun temurun, bangsa ini dahulu berada di sekitar pertengahan amerika utara dan tengah. Soal asal-usul bangsa ini, informasi yang diperoleh cukup sedikit. Dari mana asal-usul bangsa Aztek?


Sebutan Aztek berasal dari aztlan yang berarti tanah putih. Menurut cerita yang cukup populer, bangsa Aztek adalah yang terakhir dari tujuh kelompok yang pindah dari Aztlan. Selama puluhan tahun, suku itu mengembara, menderita kesukaran dan kekurangan pangan yang parah, serta tidak henti-hentinya berperang dengan suku-suku tetangga. Tetapi, perjalanan berpindah -pindah itu tidak mungkin akan terus dilakukan. Menurut kepercayaan mereka, Huitzilopochtli memberi tahu para pengikutnya untuk memperhatikan sebuah tanda yaitu seekor elang yang bertengger di atas sebatang kaktus. Tanda itu akhirnya terlihat di sebuah pulau kecil berlumpur di Danau Texcoco. Adanya tanda tersebut membuat mereka menetap dan mulai melakukan pembangunan tempat tinggal di sebuah kota yang belakangan dikenal sebagai Tenochtitlan Raya. Menurut pakar sejarah, namanya diambil dari nama seorang patriark legendaris yang dipanggil Tenoch. Ada kemungkinan, Tenochtitlan sekarang sudah terkubur dibawah Mexico City. Inilah asal-usul bangsa Aztek dahulu kala.

Kebanyakan orang bangsa Aztek adalah pekerja keras. Menggunakan dasar danau itu sebagai fondasi, mereka mulai mengubah kota tersebut dengan menguruk tanah. Jalan-jalan layang dari tanah urukan menghubungkan pulau tersebut ke daratan. Serangkaian saluran air dibangun juga. Selama masa itu, orang-orang yang ikut membangun fondasi tersebut belum dikenal umum sebagai bangsa Aztek. Menurut apa yang sudah dipercayai turun temurun, dewa mereka, Huitzilopochtli telah memberikan sebutan baru sewaktu mereka keluar dari Aztlan Mexica. 


Bangsa Aztek tidak sendirian di kawasan ini. Bangsa itu harus membentuk aliansi dengan tetangga mereka. Tidak jarang bangsa yang tidak mau berdamai, maka akan terjadi pertempuran mati-matian. Sebenarnya, perang sudah menjadi bagian bangsa Aztek sejak dulu. Meurut kepercayaan turun temurun, dewa-dewi bangsa itu menuntut jantung segar dan korban manusia. Tahanan perang yang sering jadi tumbalnya. Cara bangsa Aztek mengeksekusi tahanan membuat takut musuh-musuh mereka.

Kerajaan Aztek dahulu membentang dari mexico sampai ke Amerika Tengah(menurut perkiraan). Ide-ide baru kini telah masuk ke  kebudayaan Aztek. Tidak melulu mengandalkan kebudayaan yang dimiliki. Musik, kebudayaan dan seni Aztek kini sudah cukup berkembang. Inilah keterangan singkat asal-usul bangsa aztek, terima kasih telah membaca artikel ini.

Posting Komentar untuk "Legenda Dan Asal-usul Bangsa Aztek"