Proses Urutan Siklus Air Yang Menjaga Keseimbangan Ekosistem Bumi

Satu fase penting dari sekian banyaknya siklus di bumi ini adalah siklus air . Tidak terhitung banyaknya mahluk hidup yang sangat bergantung pada siklus ini. Secara ilmiah siklus air bisa diartikan suatu fase pergerakan air terus menerus di permukaan darat, laut, dan udara. Urutan siklus air sangat teratur sehingga banyak hal bisa dicapainya seperti perubahan temperatur dan cuaca.


Jika dilihat prosesnya, tidak hanya tempat lokasi air yang berubah, namun bentuknya juga. Prosesnya berawal dari cairan menjadi uap lalu menjadi es hingga menjadi cairan lagi. Jelaslah proses yang sangat menakjubkan ini benar-benar memengaruhi siklus kehidupan mahluk hidup juga. Siklus ini juga mampu menjaga persediaan air bersih bagi ekosistem makhluk hidup, dan membantu proses rantai ekosistem yang terjadi di bumi.


Berikut ini proses urutan siklus air

1.Ini diawali dengan air di permukaan samudra. Seraya air diuapkan oleh tenaga matahari, proses penguapan naik hingga ketinggian beberapa ribu meter di atas permukaan bumi.

2.Akhirnya uap yang naik tadi membentuk titik air yang kecil. Titik air dibawa oleh angin sejauh ratusan kilometer. Pada waktunya, titik air ini menguap, dan molekulnya terangkat kembali hingga, akhirnya, ia bergabung dengan sebuah butiran air hujan yang cukup besar untuk jatuh ke tanah.

3.Butiran air hujan tersebut jatuh di lereng gunung bersama miliaran butiran air hujan lainnya; air hujan itu kemudian mengalir ke bawah menuju sungai kecil.

4.Kemudian seekor binatang minum dari sungai kecil itu, meminum molekul air tadi.

5.Beberapa jam kemudian binatang itu mengeluarkan air seni, dan molekul itu pun meresap ke dalam tanah untuk diambil oleh akar pohon.

6.Dari sana, molekul tersebut mengadakan perjalanan hingga ke puncak pohon dan akhirnya menguap ke udara melalui daun.

7.Seperti sebelumnya, ia melayang ke atas untuk membentuk titik air kecil lainnya. Titik air tersebut melayang dibawa angin hingga ia bergabung dengan awan hujan yang berat dan kelabu.

8.Molekul tersebut jatuh lagi bersama hujan, tetapi kali ini ia jatuh di sungai yang membawanya ke samudra.

9.Siklus tersebut tidak pernah berakhir: Air menguap dari laut, menempuh perjalanan melewati daratan, jatuh sebagai hujan, dan mengalir kembali ke laut. Dalam proses ini, air menunjang semua kehidupan di atas bumi.

Siklus air memberi kita gambaran betapa vitalnya proses ini demi keberlangsungan ekosistem. Tanpa ketersediaan air makhluk hidup tidak akan mampu bertahan lebih lama karena makhluk hidup sangat membutuhkan air.

Posting Komentar untuk "Proses Urutan Siklus Air Yang Menjaga Keseimbangan Ekosistem Bumi"