8 Fakta Menarik Tentang Telur Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Memastikan tubuh tetap sehat harus jadi prioritas anda dimasa-masa sekarang ini. Munculnya beberapa penyakit baru pasti menimbulkan rasa kekhawatiran. Namun salah aspek yang perlu diperhatikan adalah bagaimana anda memenuhi kebutuhan protein didalam tubuh. Apa makanan yang harus anda konsumsi agar kebutuhan protein tetap tercukupi? jawabannya adalah telur.


Telur mampu memenuhi gizi yang dibutuhkan tubuh manusia. Bukan hanya harganya yang terjangkau, telur juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak. Hampir semua manusia di bumi ini menyukai telur, karena cukup simple ketika di masak maupun dikonsumsi.

Apa beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang telur? Berikut ini 8 fakta menarik tentang telur.

1. Tahukah anda jika warna kuning dari telur ditentukan oleh makanan ayam betina. Makin banyak padi-padian yang memiliki pigmen kuning dan oranye yang dimakan si ayam betina, makin kentallah warna kuning telurnya.

2. Telur bebek punya perbedaan dengan telur ayam yakni telur bebek baunya yang lebih amis dan kulitnya memiliki pori yang lebih besar.

3. Kulit telur terdiri dari kalsium karbonat yang juga merupakan bahan dasar utama beberapa jenis antacids. Sekitar 9-12 persen berat telur terdiri dari kulitnya. Kulit telur juga memiliki pori-pori sehingga oksigen bisa masuk dan karbon dioksida keluar.

4. Putih telur terbuat dari protein yang disebut albumen dan juga mengandung niacin, riboflavin, klorin, magnesium, potasium, sodium dan sulfur. Putih telur ini mengandung 57 persen dari protein telur.

5. Jika dilihat dari perbandingannya telur memiliki nilai kegunaan protein 100 persen. Sedangkan daging ayam sekitar 80 persen dan susu kira-kira 75 persen. Dengan mengetahui perbandingannya, pasti anda tidak ragu mengonsumsi telur.


6. Warna telur cukup bervariasi. Warna putih telur yang agak keruh justru menandakan telur itu segar. Warna putih yang jernih menandakan telur itu berasal dari ayam yang sudah tua. Hindari mengonsumsi telur yang sudah berubah warna daripada yang biasanya.

7. Sewaktu memecahkan telur, kadang ada terlihat sedikit darah. Itu bukan hal yang perlu dikhawatirkan, itu berasal dari pembuluh darah di kuning telur yang pecah. Telur tersebut tetap aman untuk dimasak dan dikonsumsi.

8. Sewaktu ayam menetas, suhu telur sekitar 40,5 derajat Celcius. Jika suhunya semakin dingin, cairan di dalamnya akan mengendap dan terbentuk sel udara antara dua lapisan telur.

Posting Komentar untuk "8 Fakta Menarik Tentang Telur Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui"