8 Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Dalam Kehidupan

Seseorang akan mudah terkena penyakit, jika imunitas tubuh tidak ada. Karenanya sangat penting bagi anda dan keluarga untuk tetap mempertahankan pola hidup yang baik dan teratur. Namun ini pasti tidak mudah, mungkin sebelumnya pola hidup anda tidak teratur sehingga cukup sulit untuk mengubahnya. Pola hidup yang tidak teratur terjadi karena anda kerap melakukan kebiasaan buruk. Apa saja kebiasaan buruk yang harus dihindari?


Kebiasaan buruk yang harus dihindari

1. Meminum minuman beralkohol
Meminum minuman beralkohol secara berlebihan menimbulkan efek luar biasa bagi tubuh. Imunitas tubuh malah makin rendah, dan anda biasanya akan mudah terkena penyakit. Mereka yang sulit mengatasi kecanduan alkohol biasanya akan mengalami penyakit-penyakit serius seperti liver dan tuberkulosis.

2. Mengurangi jam tidur
Istirahat yang cukup menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Saat anda tidur, tubuh akan beristirahat sejenak sehingga ini bagus untuk kesehatan anda. Tidur itu dapat diumpamakan seperti hp yang dicharger, setelah diisi penuh, hp pun siap untuk digunakan. Demikian juga bagi anda, ketika anda beristirahat, itu seperti pemulihan tenaga agar dapat mengarungi kegiatan di esok hari. Jika anda kurang tidur, maka penyakit jantung, hipertensi dan obesitas akan menyerang anda.

3. Jarang berolahraga
Jarang berolaharaga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Berdasarkan hasil riset, orang yang rajin berolahraga cenderung memiliki ketahanan tubuh yang baik. Ketika seseorang berolahraga, semua bagian tubuh akan bergerak dan sistem peredaran darah pun lebih teratur, tentu saja ini membuat anda tahan terhadap segala bentuk bakteri dan virus.

4. Tidak suka minum air putih
Air memiliki banyak fungsi bagi tubuh anda, memperbaiki semua sistem yang ada ditubuh. Jika anda kurang minum, itu merupakan tindakan yang kurang bijaksana. Dehidrasi akan datang dengan sendirinya, dan jika sudah alami dehidrasi, penyakit pun akan berdatangan.

5. Suka merokok
Jika anda merokok, sebenarnya anda tidak menyayangi tubuh anda sendiri. Ada banyak senyawa di asap rokok yang merusak sel-sel kekebalan dalam tubuh dan merusak fungsinya. Orang yang merokok mudah terkena penyakit serius di kemudian hari. Penyakit paru-paru, jantung dan problem pada tenggorokan biasanya jadi masalah besar bagi para perokok.


6. Terlalu banyak makan
Mengonsumsi makanan memang tidak salah tapi jika sampai berlebihan itu sangat tidak dianjurkan. Obesitas justru membuat sistem kekebalan tubuh melemah, bukan tandanya seseorang sehat. Makan secukupnya dan menghindari makanan junk food pasti membantu anda mengurangi kelebihan berat badan.

7. Stres berlebihan
Pikiran berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Jika anda stres, ini bisa mengakibatkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh Anda, merusak fungsi sistem kekebalan tubuh yang dapat mempengaruhi cara tubuh dalam meyembuhkan luka, dan bahkan penyakit yang serius tidak bisa lagi anda cegah.

8. Tidak menjaga kebersihan
Sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar anda. Tindakan ini merupakan cara praktis menghilangkan kuman dan bakteri. Jika anda tidak bersih, bakteri dan virus berbahaya akan masuk ke dalam tubuh. Jika virus sudah berada di dalam tubuh, anda akan cukup kesulitan untuk melakukan pemulihan diri. 


Posting Komentar untuk "8 Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Dalam Kehidupan"