Apa Manfaat Alpukat Bagi Tubuh Manusia? Ini Penjelasan Singkatnya

Buah alpukat masih menjadi pilihan favorit masyarakat indonesia bahkan dunia. Selain rasanya yang cukup enak, buah ini tergolong aman untuk dikonsumsi. Jika diperhatikan dengan seksama, buah ini mirip dengan buah pir dari segi bentuk tapi berlainan warna. Alpukat berwarna hijau dari muda hingga matang sedangkan pir berwarna kuning. Alpukat merupakan buah musiman sehingga tidak selalu tersedia di pasaran. Apa manfaat alpukat bagi tubuh manusia? perhatikan penjelasannya di artikel ini.


Dagingnya cukup lembut dan enak dikonsumsi. Sedangkan rasanya lebih mirip kacang, cukup kental ketika diblender. Beberapa orang sering mencampurnya dengan susu kental atau cuma mencampurnya dengan gula saja. Sebenarnya tanpa dicampur gula pun, rasanya sudah manis namun beberapa orang ingin merasakan variasi rasa. Yang jelas, rasanya memang enak, kadang bisa buat orang ketagihan.

Alpukat ditanam di daerah tropis contohnya di indonesia. Alpukat bahkan jadi salah satu komoditas penting bagi perekonomian dunia. Buah ini punya nilai jual yang mahal dan manfaat yang besar jika dikonsumsi secara rutin.

Apa manfaat alpukat bagi tubuh manusia? Ini pemaparannya.

1. Mencegah diabetes
Kebanyakan manusia kesulitan untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Lemak tak jenuh pada buah alpukat sangat bermanfaat untuk meminimalisir kadar trigliserida dan mengontrol kadar gula darah. Ini membuat anda terhindar dari penyakit diabetes.

2. Mencegah kanker
Penyakit kanker masih menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Tahukah anda jika alpukat memiliki senyawa antioksidan yang pastinya mencegah radikal bebas yang sering merusak DNA dalam sel yang akhirnya menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker. 

3. Mencegah penyakit jantung
Alpukat mampu menurunkan kemungkinan seseorang terkena serangan jantung. Jika anda mengonsumsinya secara teratur, jantung dan pembuluh darah anda biasanya tidak akan mengalami masalah. Patut diperhatikan, penyakit jantung masih berada di urutan pertama sebagai penyumbang kematian terbanyak.

4. Menurunkan kolesterol
Apa manfaat alpukat bagi tubuh manusia? jawaba yang selanjutnya adalah menurunkan kolesterol jahat. Kadar kolesterol jahat dalam tubuh harus segera diantisipasi. Jika anda meremehkan ini, maka penyakit akan datang dengan sendirinya. Senyawa beta sitosterol dalam buah alpukat mengurangi kadar kolesterol jahat.


Manfaat kayu pohon alpukat
Bukan hanya buahnya yang bermanfaat. Kayunya juga ternyata digunakan sebagai bahan bakar. Kayunya tergolong cukup keras dan cocok digunakan sebagai bahan dasar industri.

Manfaat biji buah alpukat
Di beberapa negara Amerika Selatan,  bijinya dibuat sebagai tanda pada pakaian, karena biji itu meninggalkan noda yang tak mudah luntur. 

Manfaat daun buah alpukat
Nah ini cukup jarang terdengar, tapi di beberapa negara bagian Filipina, daunnya digunakan untuk membuat teh. Konon mereka meyakini daun alpukat mampu mengobati penyakit asma dan ginjal.

Kandungan buah alpukat
Alpukat memiliki kadar protein, riboflavin, niasin, kalium, dan vitamin C yang tinggi. Alpukat juga mengandung 11 vitamin dan 14 mineral. Alpukat dikenal kaya akan lemak, dan minyaknya menyerupai minyak zaitun karena mengandung lemak tak jenuh tunggal.

Posting Komentar untuk "Apa Manfaat Alpukat Bagi Tubuh Manusia? Ini Penjelasan Singkatnya"