Bagaimana Sebenarnya Kondisi Pasien Yang Sedang Alami Koma? Ini Penjelasannya

Apa yang terjadi saat seorang pasien sedang koma? Pertanyaan ini sering ditanyakan orang-orang yang masih awam tentang dunia medis. Pada dasarnya koma dapat diartikan kondisi dalam keadaan tidak sadar biasanya dalam waktu yang cukup lama dimana penderitanya tidak merespons bahkan dengan stimulus yang paling menyakitkan.


Beberapa orang menganggap orang yang koma sedang alami kondisi tidur yang dalam, ada juga yang menganggap sedang alami pengalaman spiritual. Namun menurut kacamata medis, orang yang alami koma merupakan respons dari suatu penyakit serius atau tidak berfungsinya sistem metabolisme tubuh.

Berdasarkan apa yang dilihat di rumah sakit, pasien yang sedang koma tidak akan bisa dibangunkan walaupun menggunakan alat pencari respon yang canggih. Sejatinya, pasien tetap tidak akan sadar dan tidak akan memberi tanggapan walaupun keadaan sekitar sedang riuh. Setiap indra yang mencakup mata, telinga, indra perasa tidak akan merespon walaupun diberikan sentuhan. Demikian pula kemampuan untuk berkomunikasi juga tidak mungkin dilakukan si pasien.

Orang yang koma setidaknya bisa membuat sedikit gerakan, dan itu seringkali tidak kita sadari. Entah benar atau tidak, orang yang koma disebutkan pernah menitikkan sedikit air mata. Hal seperti ini masih perlu dikonfirmasi kebenarannya, karena pada waktu itu sistem di otak dalam keadaan terendah.


Penyebab yang paling umum orang alami koma yaitu cedera kepala parah setelah kecelakaan, atau bisa juga alami infeksi di otak atau mengalami stroke parah. Untuk penyakit-penyakit atau keadaan genting seperti ini haruslah dilakukan penanganan yang tepat.

Keadaan koma biasanya tidak lebih dari satu bulan, bergantung perkembangan kesehatan si pasien. Jika keadaannya semakin memburuk maka ia akan mengalami kematian. Tetapi ada juga pasien yang memasuki keadaan persistent vegetative, ini memaksudkan pasien dalam keadaan tidak sadar tapi napas dan tekanan darah normal, dapat mencerna dan mengeluarkan makanan. Hal ini biasanya berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Sebenarnya Kondisi Pasien Yang Sedang Alami Koma? Ini Penjelasannya"