Ini Keunggulan Dan Kekurangan Mobil Dengan Sistem Penggerak Roda Belakang

Keunggulan dan kekurangan mobil dengan sistem penggerak roda belakang-Mobil dengan sistem penggerak roda belakang cukup diminati banyak orang. Apa alasannya? Mobil dengan Rear Wheel Drive disebut lebih tahan banting, khususnya jika kita bicara soal medan yang dilalui. Coba anda perhatikan mobil-mobil yang laris manis di pangsa pasar otomotif nasional, semacam Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, mobil-mobil ini menggunakan sistem penggerak roda belakang.


Bicara soal keunggulan, sangat jelas mobil dengan sistem RWD punya banyak kelebihan dibanding mobil dengan sistem penggerak roda depan(FWD). Namun, mobil RWD juga punya kekurangan. Berikut ini kita akan melihat keunggulan dan kekurangan mobil dengan sistem penggerak roda belakang.

Keunggulan mobil dengan penggerak roda belakang

-Biasanya setelah dilakukan pengecekan di dealer, mobil dengan sistem penggerak roda belakang diklaim punya ketahanan yang lebih baik khususnya di bagian kolong mobil seperti rack end, tie rod, link stabil maupun bearing roda. Ini dikarenakan adanya beban yang terbagi antara depan dan belakang.

-Mampu diandalkan saat medan yang dilalui cukup sulit. Jalanan menanjak, curam, berbatu maupun berlumpur, semuanya bisa dilalui mobil yang punya sistem penggerak roda belakang.

-Suara berisik di bagian interior bisa diredam. Anda pasti merasa nyaman dan senyap berada di dalam mobil khususnya di jalanan berbatu yang membuat mobil bergetar.


Kekurangan mobil dengan penggerak roda belakang

-Bobotnya cukup berat. Penyebabnya adalah proses perpindahan tenaga dari depan ke belakang, membutuhkan komponen power train lebih banyak misalnya propeller shaft, gardan, as roda belakang. Ini bisa mengakibatkan hilangnya tenaga akibat gesekan di power train dan ada kemungkinan terjadi gejala oversteering.

-Kabin kurang luas. Penggunaan sistem transmisi dan propeller shaft membuat bagian kabin agak menyempit khususnya di lantai baris ketiga.

Posting Komentar untuk "Ini Keunggulan Dan Kekurangan Mobil Dengan Sistem Penggerak Roda Belakang"