Inilah Tanda-tanda Busi Mobil Harus Diganti

Busi merupakan salah satu bagian yang cukup vital pada mesin mobil. Peranannya sangat penting sehingga kondisi busi harus selalu diperhatikan. Mengabaikan hal ini, akan membuat kinerja mesin terganggu. Busi yang telah rusak bisa membuat sistem pengapian bermasalah. Tentunya, Ini bisa menimbulkan kerusakan lebih parah apabila tidak segera diatasi. Berikut ini tanda-tanda busi mobil harus diganti.


Ada beberapa tanda-tanda busi mobil harus diganti. ini ulasan singkatnya

1. Mesin sulit dihidupkan

Anda biasanya akan kesulitan untuk menghidupkan mobil, Khususnya jika anda ingin menghidupkan mobil di pagi hari sebelum berangkat kerja. Ada kemungkinan busi sudah layak untuk diganti. Hal itu terjadi karena api yang keluar dari busi itu mempengaruhi pembakaran mesin. Perbandingannya adalah jika terlalu besar akan membuat mesin kasar dan saat terlalu kecil maka pembakaran sulit terjadi. Jika mesin masih dingin maka api busi yang kecil tidak cukup kuat untuk membakar material pembakaran didalam ruang bakar. Dengan demikian mobil akan sulit untuk di start.

2. Suara mesin terdengar berebet atau menyendat

Ketika mobil dihidupkan terasa agak berebet dan menyendat, ini menandakan busi mobil yang mulai rusak. Pada saat itu RPM mesin akan naik dan ini mengharuskan kinerja busi semakin optimal. Sedangkan untuk busi yang sudah lama dipakai, api yang telah mengecil di sistem pengapian bisa mengganggu pembakaran mesin. Tidak heran timbul suara berebet ketika akselerasi.


3. Ujung busi hitam dan banyak kerak

Ujung busi agak menghitam dan badan busi berwarna kecoklatan. Ini cukup wajar mengingat letak busi yang berada didalam ruang bakar membuatnya terkena efek pembakaran, sehingga warnanya berubah menjadi hitam. Tapi warna hitam pada busi diakibatkan karena sisa pembakaran mesin dan biasanya harus segera dibersihkan. Tanda-tanda yang lain ialah busi berkerak atau terdapat tetesan oli. Biasanya ini juga mengakibatkan bagian lain pada mesin bisa terimbas. Jika ada kerak pada ujung busi, bisa disebabkan karena pembakaran tidak sempurna dan beberapa faktor lain. Namun, jika busi mobil menghitam atau sulit dibersihkan itu merupakan tanda-tanda busi mobil harus diganti. Karena kerak merupakan faktor penghalang agar busi dapat memercikkan api.

Posting Komentar untuk "Inilah Tanda-tanda Busi Mobil Harus Diganti"