Langkah-langkah Dan Cara Praktis Mengatasi Insomnia

Apa itu insomnia? Istilah ini dapat didefenisikan problem gangguan tidur yang dialami seseorang, entah itu tidak bisa tertidur ataupun gelisah tak menentu saat berada di tempat tidur. Dalam beberapa kasus, penderita insomnia umumnya cukup sulit untuk mengatasi problem ini. Bahkan ada yang harus berkonsultasi secara pribadi dengan dokter untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan agar bisa memperoleh tidur yang nyenyak. Bagaimana cara praktis mengatasi insomnia? artikel ini akan menjelaskan beberapa tipsnya.


Penderita insomnia disebut-sebut akan sangat mudah terkena depresi. Disaat otak dan tubuh harusnya beristirahat pada malam hari, insomnia membuat anda bisa terjaga sepanjang waktu. Anda benar-benar harus mewaspadai hal itu, bisa dikatakan insomnia sebagai pembunuh yang senyap. Perlahan-lahan akan membuat anda depresi, kelelahan dan merasa tidak berharga dan akhirnya yang lebih fatal lagi, anda sulit berpikir positif dan mengendalikan diri.

Beberapa orang malah mengambil jalan pintas, dengan mengunakan obat tidur agar bisa tidur lelap. Jelaslah ini sangat berbahaya, penggunaan obat tidur secara terus-menerus akan menimbulkan efek samping pada tubuh anda. Ada juga yang mencoba pengobatan alami dan terapi, namun biasanya butuh waktu yang cukup lama untuk mengatasi problem ini.

Bagaimana cara praktis mengatasi insomnia? inilah beberapa tips dan langka-langkah yang harus dilakukan.

Cara praktis mengatasi insomnia

1.Jangan melakukan pekerjaan berat yang sangat menyita tenaga dan pikiran. Dengarkan musik dengan nada yang indah, membaca bahan bacaan yang menyegarkan pikiran, atau membasuh diri dengan air hangat. Sebelum tidur pikirkanlah hal-hal yang positif bukan hal yang membebani pikiran anda.

2.Miliki jadwal olahraga yang teratur. Misalnya anda bisa meluangkan 15 menit untuk lari pagi dan 15 menit untuk lari sore. Upayakan untuk tetap konsisten pada jadwal yang ditentukan, kemungkinan akan ada perubahan yang signifikan di hidup anda. Jangan plin-plan untuk membuat keputusan, harus keras pada diri sendiri agar dapat memenuhi jadwal yang sudah dipersiapkan.


3.Jangan minum minuman bersoda dan yang mengandung kafein. Minuman seperti ini justru akan membuat anda tetap terjaga sepanjang waktu. Dengan demikian tujuan anda untuk tidur nyenyak tidak akan tercapai.

4.Tahap awal coba untuk konsisten selama 1 bulan, tidur jam 10 malam dan bangun jam 6 pagi.  Cara praktis dan tips bisa bangun pagi bisa dilihat disini. Memang diawal-awal melakukannya cukup sulit, namun setelah itu semuanya akan terlihat mudah. Jika itu sudah menjadi kebiasaan, yakinlah anda akan bisa mengatasi insomnia.

Posting Komentar untuk "Langkah-langkah Dan Cara Praktis Mengatasi Insomnia"