Memahami Arti dan Pengertian Diving di Sepakbola

Bicara tentang sepakbola pasti tidak ada habisnya. Banyak peristiwa yang menarik dibahas di media maupun surat kabar dunia. Bukan hanya soal skill yang ditunjukkan, saga transfer, maupun intrik yang terjadi di lapangan, semua ini merupakan yang tidak terpisahkan dari dunia sepakbola. Tapi yang jadi perhatian juga saat ini adalah aksi diving. Apa pengertian diving di sepakbola


Pengertian diving di sepakbola adalah tindakan berpura-pura menjatuhkan diri, terlihat seperti disentuh atau dilanggar pemain lawan padahal sebenarnya tidak disentuh ataupun terkena sedikit, demi mendapatkan hadiah penalti. Tindakan seperti ini tidak dibenarkan di dunia sepakbola. Menggunakan cara-cara yang tidak benar demi mendapatkan kemenangan bukanlah ciri seorang pemenang yang sejati.

Beberapa pemain sepakbola top dunia pernah kedapatan melakukan tindakan ini. Beberapa diantaranya adalah Neymar jr, Luis suarez, Sergio busquets, dan Ashley young. Seringkali apa yang mereka lakukan mampu mengubah hasil pertandingan dan menentukan kemenangan bagi timnya. Dahulu aksi diving memang bisa mengelabui wasit, tapi kini cukup sulit untuk melakukannya. Penyebabnya adalah teknologi VAR yang mulai diterapkan di berbagai negara-negara maju di dunia. Bahkan kini negara-negara berkembang mulai menerapkan teknologi agar dapat mencegah praktik kecurangan.


Aksi diving sudah menjadi hal umum di dunia sepakbola. Mungkin masih teringat jelas bagi semua pecinta sepakbola, tindakan Neymar jr yang berguling-guling kesakitan setelah dilanggar oleh pemain meksiko di piala dunia 2018. Dari tayangan ulang terlihat, pelanggaran yang dilakukan pemain meksiko tampak biasa saja, tapi Neymar terlihat berlebihan melakukan aksinya. Beberapa pengamat sepakbola bahkan mengecam tindakan Neymar itu, mereka menganggap tindakannya tidak pantas dilakukan, apalagi statusnya saat itu adalah salah satu pemain terbaik di dunia.

Aksi diving harus dijauhkan dari dunia sepakbola. Penerapan teknologi VAR yang kini mulai dipakai di semua liga sepakbola di dunia menunjukkan sudah mulai ada upaya untuk menghilangkan praktik kotor tersebut. Semua penonton sepakbola didunia lebih menyukai permainan indah disertai kejujuran dari pada kemenngan yang diraih dengan aksi diving. Terima kasih telah membaca artikel tentang pengertian diving di sepakbola, semoga benar-benar bermanfaat bagi anda.

Posting Komentar untuk "Memahami Arti dan Pengertian Diving di Sepakbola"