Meneliti Karakteristik Tokek Yang Menakjubkan

Meneliti bagaimana karakteristik tokek merupakan salah satu hal tersulit yang pernah dilakukan para ilmuwan. Selain karena cukup langka, binatang ini sangat jarang terlihat. Memang, kadang bisa terlihat tapi begitu anda memalingkan pandangan anda sepersekian detik, ia langsung menghilang. Beberapa orang bahkan menyebut binatang ini sangat dekat dengan hal-hal yang berbau mistis. Tapi itu tidak benar, binatang ini memang punya kemampuan untuk cepat beranjak dari satu tempat ke tempat lainnya.


Kemampuan berpindah-pindah tempat dengan cepat juga sangat mengagumkan ketika dilihat. Gerakannya sangat cepat untuk binatang dengan ukuran seperti itu. Tidak perduli bagaimana medannya, ia tetap mampu bergerak cepat mengalahkan gerakan mata manusia.

Karakteristik tokek

Gaya gravitasi tokek
Menempelnya tokek di permukaan dinding dikarenakan ribuan struktur sehalus rambut yang disebut seta, yang ada di seluruh telapak kakinya. Kakinya bukan seperti lem perekat, tetapi memanfaatkan daya molekuler yang sangat lemah. Molekul pada kedua permukaan saling mengikat karena daya tarik yang sangat lemah yang disebut daya van der Waals. Sejatinya, gravitasi dengan mudah mengalahkan daya tarik tersebut, itu sebabnya kita tidak bisa memanjat dinding hanya dengan menempelkan telapak tangan kita pada dinding. Tetapi, seta-seta kecil pada kaki tokek memperluas permukaan yang bersentuhan dengan dinding. Daya van der Waals, apabila dilipatgandakan melalui ribuan seta pada telapak kaki tokek, menghasilkan daya tarik yang cukup besar untuk menahan bobot tokek yang relatif kecil.

Kemampuan tokek merayap di permukaan yang licin tanpa terpeleset pasti sangat mengagumkan. Ilmuwan bahkan meluangkan banyak waktu demi riset dan penelitian untuk menyelidiki tokek. Para ilmuwan dibuat penasaran bagaimana telapak kaki tokek memiliki daya rekat yang luar biasa. Bahan perekat ini bisa digunakan antara lain untuk berbagai keperluan medis,mulai dari perban yang tetap menempel meskipun basah hingga plester untuk menggantikan benang penjahit luka operasi.

Habitat tokek
Karakteristik tokek yang lain yaitu kesukaannya akan tempat yang gelap, lembab seperti kayu-kayuan yang lapuk. Jangan heran, tokek kadang bersembunyi dibalik atau dibawah kayu tersebut. Khusus di rumah-rumah yang lama, yang dibangun puluhan tahun sebelumnya, tokek biasanya ada di tempat itu karena cukup banyak kayu yang lapuk. Untuk melihatnya pun, harus benar-benar fokus, jika hanya sekilas saja tokek tidak akan terlihat. 


Warna tokek
Dilihat dari dekat, warna binatang ini cukup beragam, ada yang berwarna coklat muda, merah bata bintik-bintik dan kulitnya agak kasar. Warnanya akan terlihat jelas pada siang hari, sedangkan jika di malam hari warnanya akan terlihat samar-samar. Warnanya tidak akan berubah mesti ia kadang berpindah tempat.

Ukuran tokek
Karakteristik tokek yang lain adalah ukurannya yang bervariasi. Tidak semua tokek memiliki ukuran yang sama panjang. Umumnya, panjang tubuhnya ada yang 20 cm, 30 cm dan bahkan lebih panjang lagi. Dari beberapa yang pernah ditangkap dan dipublikasikan, bahkan ada tokek yang ukurannya cukup besar.

Posting Komentar untuk "Meneliti Karakteristik Tokek Yang Menakjubkan"