Mengenali Dengan Teliti Tanda-tanda Aki Mobil Sudah Soak

Apa yang akan terjadi bila aki mobil anda sudah rusak? Pasti anda merasa khawatir. Mobil tidak bisa beroperasi seperti biasanya dan semua pekerjaan anda tertunda. Sebelum itu terjadi anda harus selalu memastikan kondisi aki mobil dalam keadaan baik, misalnya dengan melakukan perawatan berkala ke dealer. Biasanya tim service akan menunjukkan tanda-tanda aki mobil sudah soak atau masih bisa digunakan.


Yang rumit tentunya jika anda sedang berada di tengah perjalanan. Tiba-tiba mobil mogok tanpa diketahui penyebabnya. Dalam beberapa kasus, mobil mogok disebabkan karena aki sudah soak. Untuk itu anda harus mengenali tanda-tandanya. Apa tanda-tanda aki mobil sudah soak?

1. Mesin sulit distarter
Mesin cukup sulit dihidupkan bisa jadi karena faktor-faktor seperti busi sudah tidak berfungsi, injektor bermasalah, ataupun masalah pada aki. Jika aki mobil sudah soak, maka RPM cranking akan menjadi lebih lemah sehingga dinamo starter tidak mampu bekerja sebagaimana mestinya. Ini membuat mobil sulit dihidupkan walaupun distarter berkali-kali. Memang ini belumlah terlalu parah, namun anda harus bersiap akan kemungkinan terburuk yang akan terjadi. 


2. Suara klakson berubah dan lampu tidak terang
Ketika mobil dihidupkan dan anda menekan tombol klakson, bunyinya tidak senyaring yang biasanya. Bisa juga pada waktu tombol klakson di tekan, tidak ada bunyi terdengar. Ini merupakan tanda-tanda aki mobil sudah soak. Begitu juga saat lampu dihidupkan, nyala lampu mobil terlihat seperti meredup.

3. Bau menyengat pada aki
Tanda-tanda aki mobil sudah soak yang selanjutnya adalah adanya bau menyengat. Ini timbul dikarenakan sel-sel komponen aki yang soak, sehingga ketika mesin dinyalakan bau menyengat tadi langsung terasa. Begitu juga sel-sel aki yang menggelembung memperlihatkan bahwa aki tersebut sudah tidak layak lagi dipakai.

Posting Komentar untuk "Mengenali Dengan Teliti Tanda-tanda Aki Mobil Sudah Soak"