Mengenali Tanda-tanda Depresi Pada Manusia

Depresi yang berkepanjangan diperkirakan menjadi penyebab utama beberapa orang memilih untuk mengakhiri hidup. Entah apa yang ada di pikiran mereka sewaktu memutuskan untuk mengakhiri hidup. Padahal kehidupan adalah karunia dari pencipta, sudah seharusnya dimanfaatkan dengan baik apa yang sudah diberikan. Memang, suka atau tidak suka, setiap manusia harus berjuang untuk mengatasi hal ini. Kali ini kita akan membahas tanda-tanda depresi pada manusia.


Bukan hanya pria yang bisa terkena depresi tapi wanita juga. Gejalanya pun cukup beragam namun ada juga yang tidak terlihat. Kelihatan dari luar bahagia namun hati dan pikiran tidak stabil. Apapun masalah yang anda alami saat ini, tetaplah tenang dan berpikir positif. Jangan gegabah dalam mengambil keputusan, karena itu bisa merugikan anda, keluarga maupun orang-orang di sekitar anda.

Tanda-tanda depresi pada manusia

1. Terlalu mudah lelah 
Pekerjaan yang dilakukan tidak terlalu berat namun mudah alami kelelahan. Jika sudah seperti ini biasanya tanda-tanda terkena penyakit atau depresi. Gejala lainnya adalah tidak bersemangat dan berlambat-lambat melakukan tugas yang diberikan atasan.

2. Insomnia
Insomnia atau gangguan tidur adalah salah satu tanda-tanda depresi pada manusia. Terlalu berkutat pada masalah yang dialami membuat pikiran tidak tenang. Jika pikiran terus dibebani, maka gangguan tidur pun akan datang dengan sendirinya.

3. Gampang emosi
Terlalu sensitif menanggapi suatu masalah dan akhirnya meledak-ledak mengeluarkan kemarahan merupakan tanda depresi. Tipe orang seperti ini tidak mudah menerima saran dan nasihat, karena ketika diingatkan malah menjadi emosi. Hati hati terhadap orang seperti ini, anda bahkan dapat dicelakai olehnya.

4. Sulit fokus
Ketika informasi diberikan, biasanya langsung mencernanya di pikiran dan mengaplikasikannya dalam bentuk tindakan. Tapi orang yang depresi tidak seperti itu, cukup kesulitan untuk mengerti suatu informasi dan selalu perlu diingatkan berkali-kali.


5. Stres
Stres yang berkepanjangan pasti menimbulkan dampak yang tidak baik bagi tubuh. Tahukah anda jika stres adalah tanda yang paling pas untuk menggambarkan gejala depresi. Biasanya diawali dengan stres dulu dan setelah itu ke tahap berikutnya yaitu depresi.

6. Cemas dan mudah panik
Biasanya mudah cemas dan panik juga merupakan tanda depresi. Ketika mendengar informasi yang mengerikan dan belum jelas kebenarannya, orang seperti ini langsung alami kecemasan dan kepanikan. Bahkan cenderung mengasingkan diri karena ketakutan yang luar biasa.

7. Memilih jalan pintas
Pilihan untuk  mengakhiri hidup merupakan tanda-tanda depresi pada manusia dan ini bukanlah keputusan yang bijaksana. Seberat apapun masalah yang dihadapi cobalah untuk menyelesaikannya, bukan melarikan diri dari masalah yang ada. Pilihan ini menunjukkan karakter seorang manusia yang gampang putus asa dan tidak meyakini adanya pencipta.

Posting Komentar untuk "Mengenali Tanda-tanda Depresi Pada Manusia"