Mengenali Tanda-tanda Kampas Kopling Mobil Habis

Tanda-tanda kampas kopling mobil habis-Saat anda mulai merasakan ketidaknyamanan saat mengendarai mobil, saat itu pula anda harus memeriksakan mobil anda ke bengkel. Jangan tunggu sampai rusak parah, segera saja analisis bersama mekanik yang telah bersertifikasi, bagian mana yang perlu diganti. Salah satu komponen mobil yang patut mendapat perhatian adalah kampas kopling. Jika komponen ini sudah rusak bisa dipastikan aktivitas anda bakalan terhambat.


Biasanya masa waktu pergantian kopling bisa sampai bertahun-tahun, namun bisa juga lebih cepat. Ini semua tergantung bagaimana anda menggunakan kopling tersebut, apakah sesuai standar atau ugal-ugalan. Hal ini tidak boleh dianggap remeh, selain harga komponennya cukup mahal, keselamatan anda berkendara juga bergantung kepada inisiatif anda untuk segera mengganti komponen tersebut. 

Dalam bahasa otomotif, komponen ini juga sering disebut kopling set. Mengapa ada istilah kopling set? Karena komponen yang harus dilakukan pergantian mencakup 3 bagian yaitu matahari klos, kain klos dan bearing klos. Pergantiannya harus satu paket, tidak bisa diganti hanya 1 bagian saja, karena ingin berpengaruh pada sistem kerja kopling. Berikut ini tanda-tanda kampas kopling mobil habis.

Tanda-tanda kampas kopling mobil habis

1. Bau Gosong
Bau gosong bisa dirasakan saat komponen ini mulai aus. Tingginya intensitas gesekan antar plat membuat bau gosong timbul, ini bukan hanya dirasakan saat berada diluar mobil tapi juga didalam mobil. Bau gosong semakin menyengat saat mobil melewati jalan tanjakan.

2. Pindah gigi agak keras
Jika anda mulai kesulitan saat pindah gigi, itu merupakan salah satu tandanya kopling mulai aus. Bahkan anda sampai berjuang ekstra saat proses perpindahan gigi. Saat melakukan perpindahan gigi biasanya juga timbul bunyi yang tidak mengenakkan di telinga anda.


3. Jarak injak pedal kopling tidak seperti biasanya
Mulai ausnya kampas kopling mengakibatkan jarak injak pedal kopling menjadi lebih pendek daripada sebelumnya. Bahkan anda harus menekannya terlalu dalam untuk memastikan kopling bisa digunakan. Jika sudah seperti ini, ad baiknya langsung menggantinya saja.

4. Akselerasi tidak optimal
Tanda-tanda kampas kopling mobil habis adalah bagus tidaknya akselerasi mobil saat melaju. Tapi saat kampas kopling sudah habis, mobil justru seperti menjerit bukannya melaju seperti biasanya. Ini biasanya terjadi saat jalan yang dilalui cukup menanjak. Jelas gejala ini membuat anda tidak nyaman saat mengendarai mobil.

Posting Komentar untuk "Mengenali Tanda-tanda Kampas Kopling Mobil Habis"