Mengetahui Perbedaan Rem Cakram Dan Tromol di Mobil Yang Anda Gunakan

Bagi anda yang saat ini memiliki mobil, disarankan untuk mengetahui apa saja komponen-komponen part yang terpasang di dalam mobil tersebut. Pengetahuan tentang automotive(mobil) bukan hanya soal teknik berkendara yang baik namun penting juga untuk mengetahui fungsi dan peranan komponen-komponen vital di mobil yang anda gunakan sehari-hari. Kali ini kita akan membahas perbedaan rem cakram dan tromol pada mobil yang anda gunakan.


Ada sebagian mobil yang menggunakan rem depan cakram dan rem belakang tromol, tapi ada juga mobil yang menggunakan rem depan cakram dan rem belakang cakram. Tapi beberapa pengendara belum mengetahui ini, bahkan kebingungan ketika ditanya soal ini. Untuk diagnosa awal masalah pengereman mobil, hendaknya anda mengetahui hal-hal dasar seperti ini. Nah, sekarang kita akan bahas beberapa perbedaannya.

Perbedaan rem cakram dan tromol

Rem cakram
Biasanya bagian roda depan dipasang kanvas rem(disk). Ukurannya kurang lebih setengah jengkal jari manusia. Jumlahnya ada 4 pics, yang dipasang 2 pics untuk rem kanan, dan 2 pics untuk rem kiri. Umumnya piringan rem bagian depan sedikit lebih besar daripada bagian belakang. Rem cakram sangat penting digunakan khususnya saat mobil melaju dengan akselerasi yang maksimal. Dari sisi perawwatan secara berkala, pemasangannya jelas lebih mudah dan cepat, dan untuk perawatannya biasanya diisi semacam cairan di tabung minyak rem.


Rem tromol
Bentuknya seperti mangkok dan piringan remnya lebih kecil dibandingkan piringan rem bagian depan. Memang beberapa pengguna mobil mengatakan rem tromol lebih lama dilakukan pergantian partnya ketimbang rem depan. Pendapat ini memang benar, karena pengguna mobil lebih sering menggunakan rem depan(cakram). Rem tromol menggunakan sistem mekanis yang artinya anda harus membuka dulu bagian brake belakang dan memastikannya apakah masih layak untuk digunakan. Sistem handbrake di mobil merupakan jenis rem tromol yang berada di roda belakang kendaraan dan berfungsi untuk mengunci roda kendaraan agar mobil tidak melaju ketika mobil sedang terparkir.

Posting Komentar untuk "Mengetahui Perbedaan Rem Cakram Dan Tromol di Mobil Yang Anda Gunakan"