Pedoman Dan Tips Agar Terhindar Dari Penyakit

Penyakit bisa datang kapan saja dan bisa menyerang siapapun. Tak peduli anda kaya atau miskin, punya banyak uang atau tidak, virus atau bakteri berbahaya bisa menyerang sistem kekebalan tubuh anda. Sekarang ini banyak penyakit-penyakit baru yang muncul yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Maka, anda disarankan harus tetap waspada, selalu menjaga kebersihan diri dan menerapkan pola hidup sehat. Inilah beberapa tips agar terhindar dari penyakit.


Bahkan orang yang sudah berupaya dengan maksimal pun, bisa terkena penyakit berbahaya. Konon lagi orang-orang tidak menjaga diri dengan baik, pasti semakin mudah terkena penyakit. Jika anda terkena penyakit, sudah pasti semua aktivitas yang harusnya anda lakukan akan terhambat. Bukan hanya pikiran yang tidak bisa berkonsentrasi, badan pun akan terasa lemas, kehilangan semangat untuk beraktivitas.

Langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan agar anda bisa terhindar dari penyakit? Setidaknya ada beberapa langkah, tapi itu pun harus dilakukan dengan konsisten. Ini beberapa tipsnya:

Tips agar terhindar dari penyakit

1. Upayakan tidur yang nyenyak 
Selalu berupaya untuk tidur dengan pulas. Waktu tidur hendaknya jangan dikurangi, jika bisa 7 sampai 8 jam. Tapi jika anda membiasakan diri terbiasa kurang tidur dalam jangka waktu yang lama, maka anda akan berada dalam bahaya. Sistem kekebalan tubuh pasti menurun.

2. Refreshing
Luangkan waktu untuk bersantai dan menenangkan pikiran. Jika pikiran anda tenang, ini pasti akan menghasilkan tubuh yang sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Bisa juga dengan mendengarkan musik yang tenang atau bepergian menikmati indahnya alam(berkemah).


3. Makanan yang bergizi
Makanan yang anda konsumsi haruslah yang bergizi. Ini tidak harus makanan yang mahal, contohnya: telur, ikan dan sayur-sayuran. Jika anda rutin mengonsumsi semua itu, maka protein dan serat didalam tubuh anda akan tercukupi. Kandungan ini akan membantu tubuh anda menangkal virus dan bakteri.

4. Cuci tangan anda
Bakteri dan virus biasanya hinggap di tangan karena setiap hari kita memegang berbagai benda yang berbeda. Saat belum mencuci tangan, hindari kebiasaan untuk memegang mata, hidung, dan mulut. Penyebaran virus akan semakin cepat, jika sudah memasuki ketiga indra tadi. Gunakan sabun cair antibakteri lalu lap tangan hingga benar-benar kering.

5. Berolahraga
Penyakit tidak akan mudah masuk jika tubuh senantiasa mengalami pergerakan. Tubuh juga bisa kaku, maka perlu olahraga agar tubuh senantiasa bekerja harmonis satu dengan yang lainnya. Lari pagi atau bersepeda adalah opsi yang bisa dipilih agar tubuh tetap sehat.

Posting Komentar untuk "Pedoman Dan Tips Agar Terhindar Dari Penyakit"