Pedoman Dan Tips Merawat Aki Motor

Untuk beraktivitas ke kantor ataupun ke tempat lain, mungkin anda lebih suka mengendarai mobil daripada sepeda motor. Selain untuk menghindari diri terkena cuaca panas dan hujan, mungkin anda juga merasa mengendarai mobil lebih nyaman. Tapi yang menjadi masalah adalah bagaimana jika sepeda motor yang berada di rumah anda jarang di pakai. Pasti itu akan berdampak kepada komponen-komponen penting di sepeda motor, contohnya aki. Berikut ini tips merawat aki motor.


Memang komponen lain masih aman-aman saja. Yang paling terkena dampaknya adalah aki. Coba bayangkan jika sepeda motor tidak pernah digunakan sama sekali, pasti lama kelamaan akinya menjadi drop. Maka apa yang harus anda lakukan agar aki motor tetap terawat? 

Tips merawat aki motor

1. Panaskan mesin motor
Bagian ini saat penting agar kualitas aki tetap terjaga. Paling tidak panaskanlah mesin motor sehari sekali. Disarankan memanaskan motor sekitar 5-6 menit setiap hari, agar tetap memberikan pasokan arus listrik ke komponen kelistrikan yang terdapat di motor anda.

2. Periksa aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan
Jika anda telah melakukan modifikasi di sepeda motor anda dan itu berhubungan dengan sistem kelistrikan harap perhatikan sumber arus listriknya. Biasanya penambahan aksesoris untuk modifikasi akan memperberat kerja kelistrikan di motor, untuk itu anda harus berkonsultasi dengan bagian kelistrikan di dealer.


3. Tombol Head Lamp dan Lampu Sign Dalam Kondisi Mati
Ini yang seringkali dianggap sepele kebanyakan pengguna sepeda motor. Saat sampai dirumah, pastikan tombol lampu besar dan lampu sein dalam keadaan mati. Pada waktu dihidupkan lagi, konsumsi aki dalam keadaan stabil. Berbeda jika semua tombol dalam keadaan ON, pada waktu mesin dihidupkan konsumsi aki pasti cukup besar. Ini juga akan membantu aki motor anda tetap terawat.

4. Pastikan ukuran air aki
Tips merawat aki motor yang berikutnya adalah periksa ukuran air aki, sesuai dengan standar operasionalnya. Jika bisa jangan lebih ataupun kurang dari batas yang sudah ditetapkan. Apabila sudah mendekati batas bawah, hendaknya isi segera cairan H2O (air suling) ke dalam aki sesuai ukuran standarnya.

Posting Komentar untuk "Pedoman Dan Tips Merawat Aki Motor"