Penjaga Mercusuar, Profesi Yang Tergantikan Oleh Perkembangan Teknologi

Profesi sebagai penjaga mercu suar kini cukup langka ditemukan. Mungkin di beberapa negara terpencil dan kepulauan, penjaga mercusuar masih dibutuhkan. Tapi dinegara yang berkembang dengan pesat, profesi seperti ini kini tidak terlalu dibutuhkan lagi. Tapi cukup menarik, kalau kali ini kita membahas tentang penjaga mercusuar. Apa sebenarnya tugas penjaga mercusuar? Tugasnya yaitu memastikan agar suar tetap terang bagi para pelaut. 


Tugasnya juga mencakup mengoperasikan melakukan perawatan terhadap peluit kabut kemudian memberikan informasi cuaca melalui radio kepada para nelayan dan kapal-kapal laut yang lewat. Penjaga mercusuar selalu memastikan suarnya dalam keadaan hidup khususnya pada malam hari dan cuaca berkabut. Bahkan ada penjaga yang begadang memegang lampu semacam lentera, jika suar tidak berfungsi. Jelaslah, pekerjaan ini menuntut tanggung jawab yang tinggi.

Penjaga mercusuar juga terbiasa melihat badai yang hebat. Pada saat badai yang besar, ia tentu berlindung dibalik tembok mercusuar. Saat badai menurut pengakuannya, ombak besar menabrak karang setinggi puluhan meter dan bahkan mampu mencapai dan merusak tempat pengoperasian suarnya.

Kini, menara yang tinggi dengan suar yang cukup terang telah dibangun. Para pelaut tidak sulit lagi menembus kegelapan, mencari cahaya yang samar-samar atau nyala api yang terhalang kabut. sekarang ini, lampu sejenis halogen dan sinyal kabut yang bunyinya cukup terdengar jauh yang bermanfaat mengingatkan para pelaut akan bahaya di laut.


Teknologi canggih kini sudah terpasang di kapal laut yang berfungsi untuk menerima sinyal-sinyal dari mercu suar untuk mengetahui posisi mereka walaupun pandangan tidak begitu jelas karena kabut. Teknologi modern memungkinkan navigator untuk mengarungi laut dari pantai ke pantai, menghindari semua kemungkinan yang sangat berbahaya seperti karam kapal tentunya.

Akhirnya karena zaman yang semakin canggih, penjaga mercu suar kini tidak dibutuhkan lagi (dibeberapa tempat masih ada, tapi sangat sedikit). Seorang penjaga mercusuar menjelaskan bahwa ia sangat sedih sewaktu meninggalkan pulau yang sudah didiaminya selama puluhan tahun. Kini pemeliharaan suar, radar, lampu halogen dan menara hanya dilakukan oleh teknisi keliling yang dipekerjakan bukan lagi oleh seorang penjaga mercusuar.

Posting Komentar untuk "Penjaga Mercusuar, Profesi Yang Tergantikan Oleh Perkembangan Teknologi"