Penyebab Terjadinya Cegukan Dan Cara Mengatasinya

Apa sebenarnya cegukan itu dan apa penyebab terjadinya cegukan? pertanyaan ini pasti ditanyakan beberapa orang yang penasaran tentang proses yang terjadi. Setiap manusia pasti pernah mengalami hal ini anak-anak, orang dewasa maupun kaum lansia. Tapi itu biasanya bukan suatu fenomena yang hendaknya ditakuti tapi merupakan proses yang biasa terjadi pada tubuh.


Cegukan bukan tanda anda sedang terkena penyakit serius. Ini merupakan hal biasa yang terjadi pada manusia dalam kesehariannya. Bunyinya pun terdengar cukup mengganggu ketika dikeluarkan dari mulut dan prosesnya per sekian detik. Bila ini dibiarkan berlangsung lebih lama pastilah cukup mengganggu anda.

Pengertian cegukan
Apa sebenarnya cegukan itu? Cegukan merupakan gangguan ringan karena perut dalam keadaan teregang, biasanya karena makan tanpa minum air. Memang ini tidak akan berlangsung lama karena bisa berhenti hanya dengan meminum air putih. Tapi ada juga yang berlangsung beberapa hari, pastinya ini akan mengganggu jalannya kegiatan kita sehari-hari, Bahkan orang yang mendengarnya pun merasa terganggu.


Penyebab terjadinya cegukan
Lalu apa penyebab terjadinya cegukan? Ini terjadi akibat kontraksi involunter diafragma, yaitu otot yang memisahkan dada dari abdomen. Pada prosesnya, saraf frenik yang memanjang dari leher hingga dada mengontrol kontraksi kedua sisi diafragma secara teratur dan terkendali. Ini diawali karena iritasi yang terjadi di sepanjang saraf frenik itu. Cegukan terjadi karena tidak minum air setelah makan banyak atau minum alkohol berlebihan.

Cara mengatasi cegukan
Agar anda merasa lebih nyaman, segera pijat bagian belakang langit-langit dengan cotton bud, yang digerakkan secara perlahan ke depan dan ke belakang selama lebih kurang satu menit. Menelan satu sendok gula disebut bisa menghentikan cegukan dalam waktu yang cepat. Ini bisa terjadi karena gula punya peranan merangsang saraf-saraf otot kita, khususnya ketika otot diafragma mulai alami gejala yang tidak biasa.

Posting Komentar untuk "Penyebab Terjadinya Cegukan Dan Cara Mengatasinya"