Sejarah Dan Asal-usul Pizza

Sekarang ini, pizza jadi salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi kaum milenial. Rasanya yang enak dan aromanya yang khas langsung terasa ketika disajikan. Tapi apakah anda pernah merenungkan sejenak tentang asal-usul pizza? Makanan yang enak ini punya sejarah yang panjang dan seringkali membingungkan.


Menurut sumbernya, kata ini pertama kali muncul sekitar tahun tahun 997 dalam Bahasa Latin Pertengahan. Asal-usul pizza kemungkinan besar diawali di kota napoli sekitar abad ke-16. Kemudian sebelum abad ke-17, pizza mulai dilaburi saus putih. Kemudian ditambahkan lagi minyak, keju, tomat atau ikan. 

Sekitar tahun 1720, pizza perlahan mulai dikenal di kalangan rakyat bawah. Pizza merupakan makanan untuk warga yang kurang mampu secara ekonomi dan diperjualbelikan di jalanan. Penjualnya berkeliling di sepanjang jalan, berteriak sambil membawa pizza yang telah dipersiapkan. Supaya pizzanya tetap hangat, tersedia tempat semacam scudo, sebuah wadah tembaga yang dijunjung di kepala si penjual.

Kemudian sekitar tahun 1800an, Raja Ferdinand I mengemukakan kepada orang-orang diistananya bahwa ia sangat menyukai pizza. Diketahui bahwa pizza yang dijual di jalanan jauh lebih lezat, maka orang-orang kalangan atas dan yang berada di lingkaran istana mulai menyerbu kedai pizza. Bahkan Raja Ferdinand II, sampai-sampai menyuruh orang membangun pemanggang dengan bahan bakar kayu di kebun-kebun Istana Capodimonte pada tahun 1832. Tujuannya agar tamu-tamunya dapat menikmati hidangan pizza yang lezat.


Bulan juni 1889 Raffaele Esposito dan istrinya mempersiapkan pizza yang benar-benar spesial kepada Ratu Margherita Savoia, istri Kaisar Italia Umberto I. Konon kabarnya ini adalah permintaan khusus dari sang kaisar. Sebuah Pizza yang melambangkan Bendera Italia: Merah yaitu saus tomat, putih yaitu mozzarella dan hijau yaitu daun basil. Setelah menikmati kelezatan dan citarasanya yang khas sang ratu pun menamai makanan khas itu dengan sebutan Pizza Margherita. Inilah asal-usul pizza yang dirangkum dari berbagai sumber.

Posting Komentar untuk "Sejarah Dan Asal-usul Pizza"