Tanda-tanda Sepatu Olahraga Yang Sudah Tidak Layak Untuk Digunakan

Sewaktu berolahraga sangat penting untuk memakai sepatu yang benar-benar safety. Jika sepatu yang digunakan nyaman dipakai, maka kaki anda biasanya akan terhindar dari cedera. Biasanya, jika anda sudah mulai nyaman dengan sepatu yang dipakai maka anda pasti akan berupaya tetap memakainya dalam waktu yang cukup lama. Hanya saja sepatu yang dipakai pasti punya jangka waktu pemakaian. Ada masanya sepatu yang digunakan akan mengalami kerusakan. Coba perhatikan tanda-tanda sepatu olahraga yang sudah tidak layak untuk digunakan.


Jika sepatu sudah mengalami kerusakan, jangan paksakan untuk terus dipakai. Ada baiknya untuk membeli sepatu baru, yang ukurannya pas untuk anda gunakan. Selain ukurannya, pastikan bagian depan sepatu baru tidak menyempit agar kaki anda tidak kesakitan. Untuk sepatu yang sudah tidak layak digunakan hendaknya dibuang saja.

Berikut ini tanda-tanda sepatu olahraga yang sudah tidak layak untuk digunakan:

1. Terasa sakit saat dipakai
Jika rasa sakit masih tetap dirasakan sewaktu anda berlari, itu berarti ada masalah pada sepatu anda. Periksa bagian dalam sepatu, apakah ada sesuatu yang cukup mengganggu seperti bantalannya mulai tipis atau jahitannya mulai terlepas dan menggores kaki. Jika sudah seperti ini, anda hendaknya mulai melakukan perbaikan atau membeli sepatu yang baru.


2. Jarak tempuh
Bergantung keadaan, seharusnya sepatu wajib diganti sekitar 5 bulan sekali. Coba perhatikan apa yang terjadi pada sepatu jika anda berlari sekitar 2-3 km di jalan raya. Jika lari anda sepertinya melambat, mungkin ada masalah pada sepatu dan anda sudah tidak nyaman memakainya. Olahraga yang rutin dan menyehatkan bisa dilakukan jika sepatu yang anda gunakan benar-benar layak.

3. Sepatu sudah koyak
Sepatu sudah layak diganti jika sudah rusak parah khususnya di bagian telapak dan ujung sepatu. Bagian telapak dan ujung sepatu cukup vital, karena pada saat lari pagi atau sore, dua bagian ini harus tetap terlindungi. Tapi jika memang sudah tidak bisa digunakan, segera ganti dengan yang baru.

Posting Komentar untuk "Tanda-tanda Sepatu Olahraga Yang Sudah Tidak Layak Untuk Digunakan"