Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor Saat Hujan

Tips Aman mengendarai sepeda motor saat hujan-Curah hujan yang cukup tinggi pasti membuat anda kesulitan untuk mengendalikan motor di jalan raya. Selain membuat jalanan licin, hujan deras juga membuat pandangan anda kabur karena percikan air ada di sisi luar kaca helm. Faktor-faktor ini juga menjadi penyebab beberapa orang alami kecelakaan di jalan raya. 


Untuk selamat sampai di tujuan, anda harus memastikan setiap aspek keselamatan berkendara. Mengapa ini penting? karena ini berhubungan dengan kehidupan anda. Jangan menganggap sepele hal ini, saat hujan tetaplah fokus dan pahami keadaan di sekitar anda. Berikut ini tips mengendarai sepeda motor saat hujan.

Tips aman mengendarai sepeda motor saat hujan

1. Pakailah helm
Gunakanlah helm saat mengendarai sepeda motor. Anda bisa tetap fokus ke arah depan karena mata anda tidak terkena rembesan air hujan. Jika kaca helm di bagian depan agak kabur, gunakan kain atau jari anda untuk membersihkan percikan airnya.

2. Konsentrasi
Fokuskan pikiran anda saat berkendara. Jangan pikirkan masalah yang lain, karena itu bisa membuat anda kehilangan konsentrasi. Lihat ke arah depan dan ke arah spion kanan kiri, agar anda mengetahui keadaan di jalan raya.

3. Jangan emosi
Pada saat di jalan raya, wajar ada pengendara lain melaju kencang atau menggeber-geber motornya. Keadaan ini bisa memancing emosi anda seketika. Jika anda terpancing, pasti anda akan memacu motor dengan topspeed tinggi. Kemungkinan besar anda akan mengalami kecelakaan di jalan raya.

4. Saat hujan, pakailah rem belakang
Jangan menggunakan rem depan saat berkendara, anda bisa tergelincir karena ban akan kehilangan gripnya. Gunakan rem belakang atau upayakan memperlambat kendaraan agar motor anda tetap stabil sewaktu melaju.

5. Kecepatan rendah
Berupayalah untuk memacu motor anda dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam. Jangan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, itu akan sangat berbahaya.


6. Jangan lanjutkan perjalanan
Ketika hujan deras disertai angin kencang, parkirkan motor anda. Lebih baik menunda dulu perjalanan selama beberapa waktu, sampai keadaannya membaik. 

7. Nyalakan lampu depan
Hujan deras membuat jarak pandangan ke depan agak kabur. Nyala lampu yang terang sangat berguna agar anda tetap berada di jalur yang tepat. Posisi kendaraan yang lain pun bisa terlihat jelas.

8. Pakailah jas hujan 
Jas hujan punya peranan penting agar anda tetap terlindungi dari air hujan. Tapi pilihlah jas hujan mode single yang hanya di pakai untuk diri sendiri. Ini membantu anda untuk tetap fokus selama perjalanan.

Posting Komentar untuk "Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor Saat Hujan"