Tips Melewati Jalan Tanjakan Yang Curam Dengan Menggunakan Mobil

Apakah mobil anda pernah melewati jalan yang curam dan tanjakan? Jika pernah, kami yakin anda pasti kesulitan saat itu. Masalahnya ternyata bukan hanya soal medan yang dilalui tapi bagaimana teknik yang anda gunakan untuk melewati medan tersebut. Medan yang dilalui bukan hanya tanjakan dan curam tapi jalanannya penuh batu dan kerikil. Tentunya ini semakin menambah tingkat kesulitannya. Coba perhatikan ulasan singkat dan tips melewati jalan tanjakan yang curam dengan menggunakan mobil.


Jangan langsung panik jika dihadapkan dengan masalah seperti itu. Berbekal sedikit pengetahuan soal mengoperasikan transmisi mobil, anda pasti bisa berhasil melewati kesulitan itu. Tapi di sisi lain anda juga tidak menganggap sepele soal ini, karena sedikit saja anda salah mengambil keputusan maka nyawalah yang jadi taruhannya.

Tips melewati jalan tanjakan yang curam

1. Buat perhitungan atau timing 
Driver biasanya harus mengambil semacam tindakan, agar mobil tidak berhenti di tengah tanjakan. Saat medannya mulai menanjak gunakan gigi rendah dan jangan injak pedal gas sampai kandas, karena hal itu malah akan membahayakan anda dan penumpang. Pedal gas ditekan hanya sampai 80 persen. Sedangkan sisa 20 persen merupakan tenaga cadangan untuk menjaga momentum. Dengan melakukannya mobil tidak akan berhenti atau bahkan terseret ke bawah karena jalanannya berbatu dan penuh kerikil.


2. Teknik pergantian gigi yang benar
Saat jalanan yang dilalui benar-benar menanjak, upayakan jangan mengganti gigi. Khusus mobil yang menggunakan transmisi MT (Manual Transmission), disarankan hanya menggunakan gigi satu. Sedangkan untuk transmisi AT, gunakan dengan maksimal pilihan di tuas transmisi berlogo Low (L). 

Tapi 2 teknik tadi mudah digunakan jika mobil yang dipakai menggunakan sistem penggerak roda belakang. Sebaliknya, mobil yang menggunakan sistem penggerak roda depan biasanya cukup kesulitan melewati medan yang sangat curam dan menanjak. Mungkin dengan menurunkan barang dan penumpang mobil bisa melewati medan tersebut.

Posting Komentar untuk "Tips Melewati Jalan Tanjakan Yang Curam Dengan Menggunakan Mobil"