Tips Memilih Calon Istri Yang Baik

Sebelum menuju pernikahan, anda harus memilih pasangan hidup yang tepat. Ini bukan perkara mudah, sedikit saja anda salah dan terburu-buru memilih, maka dapat dipastikan perkawinan anda akan berantakan di kemudian hari. Karena cuma sekali seumur hidup, memilih pasangan hidup tidak bisa sembarangan. Harus diingat, pernikahan bukan sekedar ajang coba-coba, namun komitmen untuk terus hidup bersama sampai maut memisahkan. Inilah tips memilih calon istri yang baik.


Memilih calon istri yang baik berpengaruh besar pada alur kehidupan anda selanjutnya. Sebelum anda memutuskan untuk menikah, penting sekali untuk merenungkan beberapa pertanyaan ini: Apakah dia orang yang tepat untuk anda? apa sifat-sifat baik yang dimilikinya sehingga anda memutuskan untuk menikah dengannya? Pertanyaan-pertanyaan ini membantu anda lebih memahami orang seperti apa calon istri anda?

Jika ditanya ke semua orang, pasti tidak ada orang yang ingin bercerai setelah menikah. Tapi pada faktanya, sekarang ini sebagian besar orang justru memilih bercerai karena sudah tidak cocok lagi. Ada kemungkinan sudah salah di awal, saat memilih pasangan yang hendak dinikahi. Seringkali pria lebih memilih wanita berdasarkan fisik dan mengesampingkan kecantikan batiniah.

Maka apa saja yang harus anda lakukan untuk mendapatkan calon istri yang baik. Perhatikan beberapa saran berikut ini, mudah mudahan bermanfaat bagi anda.

Tips memilih calon istri

1. Kejujuran
Sifat ini sangat krusial dan berpengaruh dalam membina rumah tangga. Coba amati apakah calon istri anda jujur dalam hal-hal besar maupun kecil contohnya dalam keuangan. Apakah calon istri anda transparan soal mengelola keuangan? Amati juga hal-hal lain misalnya apakah ia berbohong ketika ditanya sedang berada dimana dan bersama siapa? Jika pasangan anda jujur dalam hal-hal ini, yakinlah anda pasti tidak salah pilih.

2. Taat ibadah
Coba pertimbangkan bagaimana tanggapannya soal beribadah? Jika ia cukup antusias, itu berarti dia meyakini apa yang dipercayainya saat ini. Pada waktu pacaran saja ia taat beribadah, pasti kebiasaan yang sama akan diulanginya sewaktu sudah menjadi istri anda. Selain itu, calon istri anda juga bisa diandalkan sewaktu anak-anak anda perlu pemahaman yang baik tentang ibadah.

3. Bukan orang yang materialistis
Amati arah pembicaraannya, sewaktu sedang berdua dengan anda ataupun sedang bersama keluarga. Apakah pembicaraannya selalu mengarah ke soal bisnis atau keuangan? Apakah ia meminta barang-barang yang mahal yang sebenarnya anda belum sanggup untuk memberikannya? Atau apakah ia selalu sederhana dalam kesehariannya? semua pertanyaan ini patut anda pertimbangkan.

4. Restu orangtua
Restu orangtua sangat penting jika anda ingin bahagia. Memang cinta bisa membutakan segalanya, tanpa restu orangtua banyak orang akhirnya berhasil menikah. Tapi patut diingat, dukungan orangtua sangat dibutuhkan pada waktu anda sedang membina rumah tangga. Pasti ada saran dan nasehat yang berguna untuk anda dan istri anda, karena mereka sudah berpengalaman puluhan tahun mengarungi bahtera rumah tangga.

5. Bisa mengendalikan diri
Perhatikan apa yang terjadi sewaktu anda memberikan saran atau nasehat kepadanya. Apakah ia langsung emosi dan meledak-ledak? atau apakah ia mengucapkan terima kasih karena anda memberikan saran yang bagus? Istri yang baik akan merespek suaminya ketika diberikan arahan. Istri juga diberikan kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya, tidak hanya diam saja menuruti semua keinginan suaminya.


6. Senyum dan humoris
Calon istri yang suka senyum dan punya selera humor yang baik pasti membuat anda bahagia. Amati perilakunya saat sedang bersama anda, apakah ia menghibur anda ketika ada masalah. Ketika suasana santai, apakah ia mau diajak bercanda dan ngobrol dengan anda.

7. Penampilan fisik
Kriteria ini bukan yang utama dalam memilih calon istri. Penampilan fisik kadang bisa menipu, tampak dari luar cantik tapi dari dalam penuh dengan masalah. Kalaupun yang anda pilih orangnya cantik, upayakan yang alami. Bukan kecantikan hasil olahan make-up tebal.

8. Sehat secara jasmani
Tips memilih calon istri yang selanjutnya adalah memilih calon istri yang sehat secara jasmani. Kenapa ini penting? tentu anda tidak mau merasakan kegetiran di kemudian hari. Coba bayangkan ini, apakah anda sanggup merawat istri yang sakit-sakitan sepanjang waktu? Maka, upayakan sebelum menikah, cari tahu bagaimana kesehatan pasangan anda. Jika memang ia sudah tidak sehat saat kalian pacaran, sebaiknya anda mundur teratur.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Calon Istri Yang Baik"