Tips Menghindari Mata Lelah Saat Berada di Depan Komputer

Jika anda sering bermain game dan mengerjakan laporan di kantor pasti pernah merasakan kepala pusing dan mata terlalu lelah. Ya, mau tidak mau dampaknya harus dirasakan karena apa yang dilakukan berhubungan dengan monitor PC. Belakangan kesehatan mata pun mulai menurun, ini mengakibatkan pandangan anda tidak terlalu fokus untuk melihat suatu objek.


Beberapa orang telah melakukan perubahan, khususnya untuk melindungi indra penglihatan. Tapi ada juga yang memakai kacamata, karena sudah mulai ada rasa nyeri pada mata sewaktu melihat monitor. Maka, apa saja yang harus anda lakukan untuk menjaga mata tidak lelah? 

Berikut ini tips menghindari mata lelah saat berada di depan Komputer

1. Pakai kacamata anti radiasi
Jika ingin mata anda terlindungi, coba upayakan memakai kacamata anti radiasi. Ini bukan hanya berguna saat kita bekerja di depan komputer. Saat anda beraktivitas diluar, kemungkinan anda akan melihat silaunya sinar matahari. Lapisan anti radiasi pada kacamata tersebut berfungsi sebagai penghalang dan mampu mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya berlebih.

2. Sesuaikan setting monitor
Lihat bagian setting di PC anda, dan temukan bagian penyesuaian level brightnes. Ini bertujuan untuk merubah resolusi layar yang tadinya hard menjadi soft. Sesuaikan dengan pandangan anda, dan langsung klik bagian apply. Setelah itu kecerahan layar akan terasa lebih sejuk di mata.


3. Atur jarak pandang dari layar monitor
Jangan terlalu dekat dengan monitor. Upayakan jarak pandang ke monitor sekitar 50-100 cm dari mata. Atur posisi komputer dengan tempat duduk anda agar tidak terlalu dekat. Jika anda masih kesulitan memandang objek di monitor, lakukan setting untuk memperbesar huruf-huruf agar dapat dibaca.

4. Istirahatkan mata
Coba istirahatkan mata secara berkala. Setiap satu jam sekali, cobalah istirahatkan mata sekitar 10-15 menit. Bisa dengan beristirahat sejenak ataupun melakukan aktivitas lain. Setelah mata anda mulai fokus, anda bisa memulai lagi pekerjaan yang sebelumnya tertunda.

Posting Komentar untuk "Tips Menghindari Mata Lelah Saat Berada di Depan Komputer"