Tips Praktis Menjaga Keamanan Berkendara

Kehati-hatian dibutuhkan saat anda sedang berkendara di jalan raya. Entah anda mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat, sangat penting untuk memerhatikan setiap aspek yang berhubungan dengan keselamatan. Jika anda tidak hati-hati, kecelakaan tidak akan bisa dihindari dan kemungkinan terburuknya adalah anda mengalami luka serius yang bisa mengarah ke kematian. Berikut ini tips menjaga keamanan berkendara.


Untuk itu, berupayalah untuk berpikir dengan tenang sebelum berkendara. Jaga stamina anda dan fokuskan pikiran agar anda selamat sampai di tujuan. Setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan setiap pengendara agar aman sewaktu mengendarai sepeda motor maupun mobil.

Tips menjaga keamanan berkendara

1. Membuat jarak aman dengan kendaraan di depan maupun di belakang
Karena anda tidak tahu apa yang akan terjadi di waktu berikutnya, pastikan jarak kendaraan anda dengan kendaraan lain tidak terlalu rapat. Ini bertujuan agar sewaktu mobil atau motor didepan anda memijak rem dengan mendadak, bagian depan mobil atau motor anda tidak menghantam bagian belakang mobilnya karena ada jarak yang cukup. Hal yang sama juga berlaku dengan kendaraan lain lain yang ada di belakang mobil atau motor anda. Paling tidak pertahankan jarak minimal 3 detik dengan kendaraan di depan Anda.

2. Buat perencanaan sebelumnya
Saat berkendara dengan jarak tempuh yang cukup jauh, jangan lupa perhitungkan waktu anda untuk beristirahat, makan maupun merenggangkan otot-otot(santai). Perhatikan kondisi mobil atau motor dengan baik khususnya rem depan dan belakang, demikian pula keadaan aki mobil atau motor anda. Bagian-bagian ini sangat penting apabila anda berpergian ke luar kota. Jika musim hujan, perhatikan wifer depan(penghapus air hujan) apakah karetnya masih berfungsi dengan baik. Untuk motor, perhatikan bannya apakah masih layak digunakan.


3. Taruh benda-benda penting di console box atau dashboard, dikotak penyimpanan barang
Barang-barang yang sangat penting seperti dompet, kartu e-toll dan surat-surat penting hendaknya diletakkan tidak jauh dari posisi anda mengemudi. Penting juga untuk meletakkan air minum disamping anda agar mudah dijangkau dan menjaga keamanan berkendara. Untuk motor, semua barang penting hendaknya diletakkan saja di bagian kotak penyimpanan dibawah tempat duduk motor anda.

4. Konsentrasi saat mengemudi
Perhatikan keadaan di depan, belakang, kanan dan kiri mobil atau motor anda. Fokuslah saat berkendara, jangan memegang hp saat mengendarai mobil atau motor. Hendaknya kecepatan anda stabil saja, jangan terlalu kencang. Konsentrasi penuh saat berkendara membantu anda selamat sampai di tujuan.

Posting Komentar untuk "Tips Praktis Menjaga Keamanan Berkendara"