Tips Praktis Merawat Bagian Interior, Eksterior Dan Area Ruang Mesin Mobil

Merawat mobil bukan hanya sebatas service berkala saja. Bagian-bagian lain di mobil juga perlu dilakukan perawatan seperti bagian eksterior, interior, dan kebersihan area ruang mesin. Jika anda tidak merawat bagian-bagian ini, akan berdampak pada nilai jualnya di kemudian hari. Tentu anda tidak mau mobil yang anda miliki dihargai dengan harga yang cukup jauh dari pasaran yang sebenarnya.


Sebagai kendaraan beraktivitas sehari-hari, anda harus selalu memastikan kebersihan di bagian kabin maupun bodi mobil. Selanjutnya jangan lupa untuk membuka kap mesin dan melihat apakah ruang mesin banyak debu atau kotoran.  Jika debu dan kotoran menempel anda juga harus mengelap dan membersihkannya. 

Ini seringkali tidak mendapat perhatian, karena biasanya orang lebih fokus di area mesin. Padahal membersihkan bagian-bagian ini berhubungan dengan kesehatan anda juga. Jika debu atau bakteri menempel dan anda menyepelekannya, anda tidak akan terbebas dari penyakit.

Tips praktis merawat bagian interior, eksterior dan area ruang mesin.

1. Membersihkan bagian interior
Kadang anda pasti turun dari mobil untuk membeli sesuatu, dan setelah masuk ke mobil biasanya tapak sepatu akan membawa debu atau kotoran ke dalam mobil. Untuk itu, bersihkan debu atau kotoran yang menempel di lantai. Jika perlu harus divacum agar debu bisa hilang dari lantai. Perhatikan juga bagian dashboard dan kisi-kisi ac apakah ada debu yang menempel. Jika ada lap dengan kain penyerap debu. Demikian juga bersihkan bagian plafon kabin, plafon bagasi dan plafon pintu.


2. Membersihkan bagian Eksterior
Cucilah bodi mobil secara keseluruhan menggunakan shampoo yang disarankan. Perhatikan bagian-bagian yang sulit dijangkau oleh semburan air, misalnya bagian plipit pintu dan aksesoris tambahan. Lap dengan kain penyerap air bodi yang telah dicuci bersih. Upayakan bodi dan kaca mobil benar-benar kering agar tidak ada jamur di kemudian hari.

3. Membersihkan ruang mesin
Biasanya ruang mesin penuh dengan debu, karena sirkulasi udaranya kurang di area tersebut. Bagian mesin tertutup kap, maka debu akan menempel di beberapa bagian seperti cover air filter, selang air dan radiator, dan cover intake. Bersihkan bagian-bagian yang berdebu setidaknya 2 bulan sekali.

Posting Komentar untuk "Tips Praktis Merawat Bagian Interior, Eksterior Dan Area Ruang Mesin Mobil"