3 Cara Praktis Menjaga Anak-anak Dari Hiburan Yang Tidak Sehat di Internet


Menjaga anak-anak dewasa ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Teknologi yang semakin canggih membuat banyak orang mau tidak mau harus menggunakan internet sebagai sarana komunikasi dan pergaulan. Tapi jika anda saat ini berstatus sebagai orangtua, apakah anda selalu memastikan apa saja yang dilihat anak anda di internet? ya, anda harus selalu memastikan anak anda mendapatkan informasi dan hiburan yang sehat.


Pada kenyataannya,banyak anak-anak dewasa ini berada dalam keadaan yang cukup memprihatinkan. Adegan kekerasan dan hiburan amoral yang kadang muncul di internet, bisa terlihat oleh anak-anak. Jika sudah terlihat maka itu biasanya akan terus tertanam dalam pikiran. Selanjutnya si anak akan terus berupaya untuk melihat hiburan yang tidak sehat itu.

Tugas anda sebagai orangtua memang sangat-sangat sulit. Jika anda tidak tegas soal ini, anak anda akan sulit memahami mana yang benar dan mana yang salah. Upayakan untuk lebih proaktif menjaga anak-anak anda dan buat-buat batasan yang tegas sewaktu berada dirumah. Ini beberapa hal yang harus dilakukan orangtua untuk menjaga anak-anak dari hiburan yang tidak sehat di internet.

1. Browsing bersama mereka
Saat mereka menggunakan smartphone dan mulai menjelajah, pastikan anda ada didekatnya. Lihat apa saja yang mereka buka dan ingatkan mereka untuk menjauhi hal-hal yang berhubungan kekerasan dan amoralitas. Ajari anak anda untuk membuka website-website yang berhubungan dengan sains dan pendidikan, ini dapat menambah pengetahuan mereka. Lalu tetapkan berapa lama waktu yang bisa digunakan untuk berinternet dan anda harus konsisten.

2. Lihat akun medsosnya
Anak-anak biasanya mengikuti teman dan orangtua mereka. Mereka seperti spons, cepat menyerap informasi apapun. Seperti anak-anak yang lain, mereka juga pasti telah memiliki akun medsos. Nah, anda sebagai orangtua harus benar-benar mengawasi hal ini. Tanyakan dengan siapa saja mereka berteman, link apa saja yang mereka telah lihat, dan apa yang mereka posting setiap hari. Jika bisa orangtua harus lebih memahami penggunaan medsos daripada si anak, sehingga anda bisa tetap mengontrol akun medsosnya.


 3. Pakai kata sandi
Jika anak anda tampaknya mulai gemar menonton hal-hal yang tidak seharusnya mereka tonton, upayakan untuk mengontrol secara ketat kegiatan mereka. Penting untuk menjelaskan kepada anak anda, bahwa smartphone yang digunakan harus dibuka melalui kata sandi. Jelaskan alasannya dengan lembut kepada mereka. Lalu bersikaplah dengan tegas dan mengatakan, smartphone hanya bisa digunakan saat orangtua ada bersama mereka. Ini benar-benar sangat penting, agar mereka tidak dirusak secara mental dan pikiran karena terlalu banyak melihat konten kekerasan dan amoral.

Posting Komentar untuk "3 Cara Praktis Menjaga Anak-anak Dari Hiburan Yang Tidak Sehat di Internet"