3 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Untuk Melindungi Akunmu Dari Serangan Peretas

Peretasan akun orang-orang populer di dunia ini cukup mengemuka belakangan ini. Para peretas atau hacker senantiasa leluasa mendapatkan informasi penting seperti email dan password orang-orang terkenal. Selanjutnya para pelaku kejahatan di dunia maya ini, akan menghubungi korbannya, memberitahu email dan password sudah berada ditangannya. 


Mereka juga memberitahu bahwa data-data penting seperti foto, video dan arsip pribadi akan dibocorkan ke publik jika uang tebusan yang mereka minta tidak dibayarkan. Jelaslah kejahatan ini membuat orang-orang terkenal di dunia semakin khawatir. Pasalnya informasi penting yang disimpan bukan sekedar foto dan video biasa, mungkin ada file yang benar-benar harus dijaga kerahasiaannya.

Tapi kamu tidak boleh lengah, jangan menganggap peretasan akun hanya akan menyasar orang-orang yang cukup populer didunia. Orang-orang yang bekerja di perkantoran dan mahasiswa juga bisa diserang lho. Mereka mengirimkan email sebagai awal dari serangan cyber. Nah, untuk mengantisipasi hal ini, apa saja yang harus kamu lakukan? 

1. Jangan panik
Saat ada email penipuan masuk ke akunmu, jangan bertindak ceroboh. Semakin anda panik, malah jadi semakin berbahaya. Jika ada email masuk ada 2 hal yang harus kamu lakukan, yang pertama membuka isi pesannya dan melihat apa yang mereka kirim. Yang kedua yaitu tidak menghiraukan email yang dikirim oleh pelaku kejahatan cyber. Kalau pun mereka mengaku sudah mendapatkan segala informasi dari akun anda, kuncinya adalah tidak panik. Lakukan penyelidikan dengan bertahap, apa yang sebenarnya mereka inginkan.


2. Ganti Password
Sebisa mungkin ganti passwordmu dengan kombinasi angka dan huruf yang memang benar-benar menyulitkan untuk diretas. Jika kamu terbiasa menggunakan tanggal lahir sebagai password akunmu, maupun akun yang lain, ini sangat berbahaya. Para peretas biasanya mengetahui passwordmu dengan melihat data pribadimu. Kamu tidak boleh sepele soal ini. Jika kamu tidak berupaya melindungi akunmu dengan cara yang benar, para peretas dapat dengan mudah mengambil akunmu.

3. Langsung delete
Jika kamu dikirimi email entah itu di komputer ataupun smartphone, tindakan cepat untuk menghilangkan segala bentuk peretasan adalah dengan mendeletenya sesegera mungkin. Tindakan ini akan mengamankan akunmu. Bahkan jika peretas berupaya mengirimkan email berulang-ulang, jika kamu terus menghapusnya, ada kemungkinan email seperti itu tidak akan dikirim lagi.

Posting Komentar untuk "3 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Untuk Melindungi Akunmu Dari Serangan Peretas"