Khasiat Alami Cabai Untuk Tubuh Manusia

Bagi anda yang suka makanan yang pedas-pedas pasti mengetahui apa bumbu masak yang paling dominan di masakan itu. Ya, yang paling dominan adalah cabai. Sebegitu pentingnya cabai, sampai-sampai sebagian besar orang menganggap makanan tidak akan enak jika didalam masakan itu tidak ditambahkan cabai. Anggapan itu benar adanya, ketika makanan disantap tapi tanpa cabai, biasanya dianggap biasa saja. Berbeda jika dengan cabai, selera makan pun bertambah dan ingin menambah makanan lagi.


Cabai memang cukup identik dengan masakan. Bukan hanya dibuat untuk sambel, cabai juga kadang digunakan untuk berbagai masakan seperti nasi goreng, makanan cepat saji dan sebagainya. Walaupun rasanya cukup pedas, ternyata cabai juga sangat berkhasiat lo, khususnya untuk kesehatan.

1. Sirkulasi pernapasan
Perhatikan apa yang terjadi saat anda mengonsumsi makanan yang ditambahkan cabai, pasti anda akan terengah-engah. Ini membuat saluran pernapasan anda lebih lancar. Biasanya rasa pedas yang dirasakan bisa juga mengeluarkan cairan yang seringkali menghambat pernapasan yaitu dahak.

2. Menjaga imunitas tubuh
Sistem kekebalan tubuh anda akan tetap terjaga jika anda rutin mengonsumsi cabai. Senyawa atau kandungan zat yang terdapat dicabai akan menjaga tubuh anda tetap fit, sehingga penyakit tidak mudah masuk ketubuh anda. Khususnya kandungan vitamin C yang memang memiliki fungsi untuk memproteksi tubuh anda dari berbagai kuman dan bakteri.


3. Menurunkan kadar gula darah
Berdasarkan hasil riset, cabai juga disebutkan mampu mengontrol kadar insulin dalam tubuh. Secara alamiah, insulin merupakan hormon yang ditugaskan tubuh untuk mengubah energi dari karbohidrat yang masuk kedalam tubuh. Jika hormon tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka kadar gula dalam darah akan melonjak. Ini yang membuat tubuh anda rentan terkena penyakit.

Posting Komentar untuk "Khasiat Alami Cabai Untuk Tubuh Manusia"