3 Tantangan Yang dihadapi Orang Tua Saat Mendidik Anak Remaja

Orang tua harus berupaya keras untuk memahami anak-anak mereka. Seraya anak-anak bertumbuh jadi remaja, kesulitan untuk mendidik dan mengajar mereka pun semakin bertambah. Ini sangat berbeda ketika mereka masih kecil, mungkin kalian rutin berbicara dari hati ke hati. Saat remaja, mereka cenderung menyendiri. Perubahan ini cukup wajar, hampir sebagian besar orang-tua sudah mengantisipasi hal ini.


Mencoba menimba isi hati seorang remaja yang menyendiri pastilah sangat sulit. Ini benar-benar menguji kesabaran . Bahkan bukan tidak mungkin orang tua bisa mengeluarkan kata-kata yang kasar. Apa saja beberapa tantangan yang dihadapi orang tua untuk mendidik anak remajanya? Ini ulasan singkatnya.

Tantangan yang dihadapi orang tua

1. Masa puber
Masa puber memang harus dilalui oleh anak remaja. Ini ditandai dengan beberapa perubahan seperti pemalu dan meenyendiri. Orang tua butuh upaya ekstra, karena kadang mereka tidak ingin berbicara. Mereka juga lebih memilih untuk melakukan sesuatu sesuai dengan dorongan hatinya.

2. Sikap independen
Sikap seperti ini jadi tantangan orang tua untuk lebih memahami anaknya. Mereka biasanya ingin lebih mandiri dan tidak terikat aturan orang tua. Bagi mereka aturan yang diterapkan orang tua terlalu mengekang. Padahal belum tentu seperti itu, aturan yang dibuat orang tua pasti sangat bermanfaat jika dijalankan. Selain itu, sikap ini ditunjukkan juga saat sedang mengalami masalah, ia lebih senang menyelesaikan sendiri masalahnya daripada memberitahukannya kepada orang tua.


3. Lebih suka cerita kepada teman-temannya
Nah, anak remaja biasanya lebih suka berkomunikasi dengan teman-teman dekatnya bukan kepada orangtuanya. Jika orang tua tidak waspada, anak remaja bisa menghabiskan waktu 1 harian hanya untuk berkomunikasi dengan teman-temannya. Terus-menerus bergaul dengan sebayanya dan sama-sama tak punya pengalaman, adalah tindakan yang tidak bijaksana. Ini merupakan tantangan buat orang tua. 

Posting Komentar untuk "3 Tantangan Yang dihadapi Orang Tua Saat Mendidik Anak Remaja"