4 Cara Praktis Mengatasi Sikap Kurang Percaya Diri

Sikap kurang percaya diri merupakan hal umum yang sering dialami banyak orang di dunia ini. Sikap inilah yang bakalan jadi cikal bakal apakah seseorang mampu menggapai kesuksesan atau tidak. Sikap kurang percaya diri harus diubah, kamu harus punya keyakinan penuh untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan.


Agar lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan, kamu harus selalu berpikir positif. Sebaliknya pikiran negatif erat sekali kaitannya dengan sikap kurang percaya diri. Nah, pikiran negatif merupakan jalan lurus menuju kegagalan. Agar kamu bisa mengatasi sikap kurang percaya diri, coba lakukan beberapa saran praktis ini.

Cara praktis mengatasi sikap kurang percaya diri

1. Jangan membandingkan diri dengan orang lain
Proses membandingkan diri dengan orang lain tidak akan pernah berujung, selalu saja ada orang yang lebih unggul daripada kamu. Ini akan membuat kamu stres dan akhirnya kurang percaya diri. Yakinlah pada diri sendiri dan potensi yang kamu miliki. 

2. Jangan iri hati
Kamu harusnya senang melihat kesuksesan orang lain dan memikirkan kenapa ia bisa sukses. Coba tiru strategi apa yang ia jalankan, bukan hanya berkutat pada perasaan iri hati dan akhirnya kamu tidak percaya diri. Perasaan iri hati malah akan mendatangkan penyakit serius di tubuhmu.


3. Jika dikritik, tanggapi dengan positif
Kritik pasti tidak menyenangkan. Namun kamu harus memahami apa hikmah yang tersirat di dalamnya. Orang yang mengkritikmu, tidak berarti ia membencimu. Bisa jadi ia peduli kepadamu, sehingga memberikan kritik. Ini bisa menjadi semacam motivasi buat kamu, berbuat yang lebih baik lagi ke depannya.

4. Capai cita-cita sesuai kesanggupan
Jangan berangan-angan terlalu tinggi, ini akan membuat kamu tidak berpikir realistis. Jika kesanggupanmu terbatas, capailah cita-citamu sesuai dengan potensimu. Sikap realistis seperti ini akan membuat kamu lebih percaya diri menghadapi situasi-situasi tidak terduga di masa depan.

Posting Komentar untuk "4 Cara Praktis Mengatasi Sikap Kurang Percaya Diri"