4 Fungsi Kaca Spion Mobil Yang Harus Kamu Ketahui

Fungsi kaca spion mobil-Walaupun berada di bagian eksterior, kaca spion punya peranan yang sangat penting di mobil. Komponen ini cukup vital dan berhubungan dengan keselamatan berkendara. Posisinya berada didepan kaca power window R dan L. Letaknya cukup memudahkan driver memastikan keadaan di sekitar. Kaca spion bisa diibaratkan seperti mata untuk melihat ke samping dan belakang. Untuk ke arah depan bisa langsung dilihat oleh mata sendiri.


Secara garis besarnya, kaca spion masuk ke dalam golongan body part karena berada si bagian eksterior mobil. Tapi bisa juga masuk ke golongan elektrikal, dimana pengoperasiannya sudah menggunakan switch mirror. Namun yang paling penting adalah bagaimana komponen ini benar-benar memberikan rasa aman saat kita berkendara. Apa saja fungsi kaca spion mobil? perhatikan ulasannya berikut ini.

Fungsi kaca spion mobil

1. Membantu pengendara berpindah jalur
Saat akan mendahului kendaraan di depan dan berpindah jalur, penting sekali untuk melihat kaca spion. Tujuannya agar anda tahu memperkirakan kapan waktunya untuk mendahului kendaraan di depan dan menghindarkan mobil dari tabrakan. Kaca spion membantu anda lebih berhati-hati sewaktu bermanuver memotong kendaraan lain.

2. Memarkirkan kendaraan pada posisi yang tepat
Memarkirkan kendaraan dengan baik tidaklah mudah. Sering terjadi tabrakan dan gesekan dengan mobil lain karena menganggap sepele dan tidak melihat kaca spion. Kadang-kadang area parkir memang cukup sempit, maka untuk memarkirkan mobil di posisi yang tepat harus melihat kaca spion kanan dan kiri. 


3. Memundurkan kendaraan. 
Nah, mungkin mobil anda belum memiliki fitur canggih seperti parking sensor. Jika demikian, kaca spion sangat krusial untuk dilihat khususnya saat memundurkan kendaraan. Memundurkan kendaraan butuh teknik tersendiri dan kemampuan pengamatan yang baik.

4. Acuan posisi kendaraan
Fungsi kaca spion mobil yang berikutnya adalah anda bisa memahami posisi mobil yang sedang dikendarai. Kadang di belakang mobil anda ada kendaraan yang jaraknya terlalu dekat. Bahkan hampir mengenai bumper belakang dan panel pintu bagasi. Jika jarak terlalu dekat, bukan tidak mungkin kecelakaan tidak akan terhindarkan. Agar bisa mempertahankan jarak yang aman, pasti anda harus memerhatikan kaca spion. 

Posting Komentar untuk "4 Fungsi Kaca Spion Mobil Yang Harus Kamu Ketahui"