4 Kesalahan Pengguna Motor Yang Membuat Bahan Bakar Makin Boros

Salah satu alasan kamu lebih memilih menggunakan motor daripada mobil adalah bahan bakar yang lebih irit. Tapi jika motor yang kamu gunakan ternyata boros bahan bakar, pasti kamu merasa kecewa dan bertanya-tanya apa yang menjadi penyebabnya. 


Hal pertama yang perlu kamu pikirkan adalah jangan langsung menganggap motor yang kamu beli cacat produk atau kualitasnya tidak bagus. Bahan bakar motor jadi sangat boros bisa jadi karena kesalahan pemakaian, tidak mengikuti standar yang ditetapkan pabrikan motor. Berikut ini kesalahan pemakaian pengguna motor sehingga bahan bakar semakin boros.

1. Penambahan aksesoris yang berhubungan dengan elektrikal
Kamu bisa jadi menginginkan motor yang lebih stylish, maka ada beberapa aksesoris yang ditambahkan. Seringkali aksesoris yang ditambahkan berhubungan dengan sistem elektrikal pada motor. Daya yang dikeluarkan jadi semakin besar dan membuat bahan bakar motor semakin boros.

2. Langsung memacu motor dengan kecepatan tinggi
Kebiasaan yang cukup umum di kalangan pengendara motor yaitu langsung menggeber habis motor dengan tospeed tinggi. Jelaslah ini kebiasaan yang salah. Ada baiknya dengan halus membuka gas dan melaju dengan kecepatan yang stabil. Dengan demikian konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien.


3. Tidak mematikan mesin saat berhenti
Jika motor sedang diparkir sebentar karena anggota keluarga sedang membeli kebutuhan rumah tangga, lebih baik matikan mesinnya. Jangan berpikir jika mesin tetap hidup, tidak perlu capek-capek starter lagi. Mematikan motor tentu akan membuat mesin jadi lebih dingin.

4. Terlalu lama memanaskan mesin
Nah, ini bagian yang sering terlupakan. Memanaskan mesin sejatinya adalah hal yang bermanfaat sebelum motor dikendarai. Namun jika terlalu lama dipanaskan, konsumsi bahan bakar akan semakin boros. Sangat disarankan untuk memanaskan motor dalam waktu yang cukup singkat, mungkin sekitar 5 menit saja.

Posting Komentar untuk "4 Kesalahan Pengguna Motor Yang Membuat Bahan Bakar Makin Boros"