4 Penyebab Seseorang Merasa Kesepian

Beberapa orang di kota besar yang penuh hiruk pikuk ternyata merasa kesepian. Tentu ini hal yang aneh bukan? Seharusnya tidak merasa kesepian karena banyak hiburan dan teman-teman berada di perkotaan. Kenapa tetap ada yang merasa kesepian? Apa saja penyebabnya? 


Banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa jadi kesepian. Bisa jadi karena faktor keluarga yang berantakan dan sulitnya untuk mencari uang. Harus diakui, setiap orang bisa merasakan kesepian karena kurangnya dukungan dari anggota keluarga dan sahabat. Ini yang harus diwaspadai, kesepian juga merupakan langkah awal menuju depresi dan akhirnya bunuh diri.

1. Perceraian
Perceraian bisa menimbulkan perasaan kesepian. Bukan hanya 2 pihak yang terlibat perceraian yang merasa kesepian, anak-anak juga akan merasakan hal yang sama bahkan ada yang mengalami depresi. Banyak pasangan kini mengambil jalan pintas dengan bercerai, mereka tidak memikirkan apa dampaknya belakangan. Sikap egois dan menang sendiri begitu dominan dan akhirnya perceraian tidak lagi bisa dielakkan.

2. Kematian pasangan hidup
Jika pasangan hidup telah tiada, ini seperti separuh tubuh hilang. Ini memaksudkan kesepian luar biasa yang dirasakan teman hidup yang ditinggalkan. Biasanya hari-hari dilewati dengan berkomunikasi dan bercanda dengan pasangan hidup. Setelah pasangan hidup tiada, semuanya terasa hampa. Jika tidak mampu berpikir positif setelah pasangan hidup tiada, aspek psikologis bahkan bisa alami gangguan.


3. Dunia kerja yang serba sibuk
Semakin sibuknya aktivitas didunia pekerjaan, membuat karyawan sering merasa kesepian. Bayangkan jam kerja yang melewati batas, ini membuat karyawan mau tidak mau harus mencurahkan seluruh waktunya ke pekerjaan yang digelutinya. Belum lagi tekanan yang dibuat oleh pimpinan, ini juga membuat karyawan merasa stres dan kesepian.

4. Usia tua
Kaum lansia kadang merasakan kesepian juga. Walaupun ada perhatian yang penuh kasih dari anggota keluarga, mereka merasa kesepian lagi saat tidak ada teman berkomunikasi. Sangat penting untuk selalu menemani mereka, agar mereka tidak merasa diabaikan. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan, dimana para lansia bisa berperan cukup aktif.

Posting Komentar untuk "4 Penyebab Seseorang Merasa Kesepian"