5 Langkah Yang Harus dilakukan Jika Mobil Anda Tiba-tiba Mogok

Bagaimana reaksi anda saat mobil yang anda kendarai tiba-tiba mogok? Mungkin anda langsung panik. Bisa jadi anda akan langsung menghubungi layanan service mobil 24 jam, agar mobil anda segera ditangani. Ya, tindakan cepat memang perlu khususnya disituasi yang cukup urgent.


Ada kemungkinan mobil anda mogok di tempat yang cukup sepi dan jauh dari perkotaan. Nah, sangat tidak bijaksana anda hanya duduk menunggu sampai tim service datang. Jarak yang ditempuh mungkin cukup jauh, jadi mereka pun harus mempersiapkan dahulu beberapa tools dan alat-alat yang berhubungan dengan sistem elektrikal. Sembari anda menunggu, upayakan untuk melakukan beberapa hal ini.

1. Perhatikan lampu indikator
Bagian ini terletak satu bagian atau didekat speedometer. Biasanya lampu indikator akan menyala jika ada bagian yang bermasalah. Contohnya saat lampu engine menyala warna kuning, kemungkinan mesin anda bermasalah. Tapi jika lampu engine menyala berwarna merah, maka tingkat masalah pada mesin cukup memprihatinkan. 

2. Cek keadaan aki
Memang ketika aki aus, lampu indikator aki juga akan menyala. Tapi yang jadi masalahnya adalah mobil mungkin dalam keadaan tidak bisa dihidupkan. sehingga lampu indikator juga tidak akan menyala. Untuk memastikan keadaan aki, periksa ketinggian air aki dan pastikan terminal aki masih berfungsi. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat kerusakannya, coba di jumper menggunakan aki dari mobil lain.

3. Periksa keadaan busi beserta kabelnya
Nah, jika anda tidak rutin melakukan perawatan berkala, ada kemungkinan busi tidak akan memercikkan api, sebagaimana fungsi semestinya. Ujung busi jadi hitam dan kotor, ini membuat percikan api yang timbul cukup kecil dan tidak mampu melakukan proses pengapian. Coba buka busi dan kabelnya, apakah kotor atau tidak. Tapi ingat biarkan mesin dingin dulu agar bisa memegang busi berikut kabelnya.


4. Pastikan fuel pump berfungsi
Sekuat apa pun berusaha, anda akan kesulitan jika fuel pump bermasalah. Fuel pump ini bisa dikategorikan komponen yang cukup vital pada mobil. Memang ada kemungkinan relay fuel pump yang bermasalah, tapi belakangan dinamo pompa bensin juga mulai bermasalah. Jika anda sudah mengetahui pangkal masalahnya, beritahu ke tim service, agar mereka membawa fuel pump yang baru.

5. Periksa switch temperatur
Mobil pada akhirnya juga akan mogok jika switch ini bermasalah. Nama lainnya adalah switch ampere panas. Posisinya tidak jauh dari radiator maupun pompa air. Coba perhatikan dengan seksama, apakah switch ini tidak berfungsi lagi. Biasanya lampu indikator juga akan hidup jika komponen ini rusak.

Posting Komentar untuk "5 Langkah Yang Harus dilakukan Jika Mobil Anda Tiba-tiba Mogok"