6 Hal Yang Harus dipersiapkan Sebelum Membangun Bisnis Online

Jika kamu memiliki smartphone atau laptop, manfaatkan itu untuk berbisnis secara online. Beberapa orang bahkan telah meraih banyak keuntungan yang cukup menjanjikan. Ini sangat praktis, karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Asal ada kemauan untuk berusaha, pasti kesuksesan datang dengan sendirinya. 


Orang yang mau menggeluti bisnis online harus tekun dan ulet, ditambah lagi pemahaman dan strategi menjalankan bisnis. Selain itu untuk membentuk jaringan yang cukup luas dan menyimpan data customer, pasti dibutuhkan laptop dan semua aplikasi pendukungnya. Setidaknya ada 6 hal yang harus dipersiapkan sebelum membentuk bisnis online.

1. Punya email
Banyak hal yang bisa dicapai dengan memiliki email misalnya kamu bisa memasarkan produk yang kamu jual, proses verifikasi bank dan sebagainya. Sangat disarankan menggunakan email yang mudah diakses seperti Gmail, Yahoomail dan yang lainnya.

2. Punya akun Instagram, Facebook, Whatsapp
Untuk mempromosikan apa yang kamu jual, dibutuhkan media sosial yang penggunanya cukup banyak. Orang-orang akan lebih mengenal produk apa yang kamu pasarkan hingga akhirnya mungkin mereka tertarik untuk membelinya. Khusus di Instagram dan Facebook, kamu harus membuat halaman khusus seperti fan fage, forum jual beli atau group. Kamu juga memanfaatkan fitur-fitur di facebook seperti advertising dan promosi.

3. Bisa menggunakan laptop ataupun smartphone
Nah, ini adalah hal yang paling mendasar sebelum membentuk bisnis online. Yang harus dipahami ialah membangun bisnis online tidak cukup hanya menekan satu atau dua tombol saja. Banyak yang harus dilakukan, contohnya membuat daftar produk yang dijual, stock, harga, diskon dan sebagainya. Ini semua harus dibuat di laptop yang didalamnya terdapat aplikasi microsoft excel. Untuk smartphone, hendaknya digunakan untuk media promosi saja.

4. Koneksi internet 
Bisnis online sangat bergantung pada koneksi internet. Jika koneksi internet bagus, semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Mempromosikan produk ke berbagai media sosial, mengupload photo dan video dan proses pembayaran bisa dicapai jika koneksi internet cukup mumpuni. 


5. Memiliki rekening pribadi
Kamu harus memiliki rekening pribadi, agar orang yang membeli produkmu bisa mengirimkan uang dengan cara transfer rekening. Ini semua dilakukan secara digital, prosesnya lebih mudah, aman dan cepat. Jika bisa pembayaran hendaknya dilakukan melalui transfer rekening saja, untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

6. Akun paypal
Jika bisnismu tidak hanya dipasarkan di indonesia saja, kamu harus memiliki akun paypal. Ini memudahkan proses pembayaran yang dilakukan customer yang memang berada di luar negeri. Kamu bisa mendaftar untuk membuat akun paypal, itu pun harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan pihak paypal.

Posting Komentar untuk "6 Hal Yang Harus dipersiapkan Sebelum Membangun Bisnis Online"