AC Mobil Kurang Dingin, Ini 5 Penyebabnya

Sistem pendingin merupakan komponen penting di dalam mobil agar anda tetap nyaman berkendara. Namun, suatu waktu AC di mobil pasti tidak dingin seperti biasanya. Keadaan ini membuat anda tidak nyaman dan ingin mengetahui apa sebenarnya penyebabnya. Kemungkinan terburuknya yaitu bisa-bisa anda harus membuka kaca power window agar udara dari luar bisa masuk ke dalam kabin. 


Jika keadaannya seperti itu, segeralah periksakan ke dealer yang direkomendasikan atau repair khusus AC mobil. Jangan dibiarkan berlarut-larut karena dapat merembes ke bagian lain di sistem pendingin mobil. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan, setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan AC mobil kurang dingin.

1. Kompressor rusak
Bagian ini bisa dikatakan jantung sistem pendingin mobil. Memang komponen ini cukup jarang alami kerusakan, tapi jika sudah rusak, sistem pendingin di mobil tidak akan berfungsi. Periksakan segera ke dealer, dan lihat apakah memang perlu pergantian kompressor utuh atau cuma pergantian magneting clutch dan coil set.

2. Motor fan AC rusak
Bagian ini terletak di bagian depan mobil, dibelakang bumper dan dibawah kap mesin. Seringkali dinamo motor fan AC yang bermasalah, sistem pendingin pun ikut kena imbasnya. Motor fan AC terdiri dari 3 bagian yaitu dinamo, daun kipas dan rumah kipas AC. Namun yang sering alami kerusakan di antara 3 komponen ini adalah dinamo fan AC. 

3. Filter AC tidak diganti
Menurut buku pedoman service, Setidaknya filter AC wajib diganti per sekian kilometer. Intensitas pemakaian AC yang semakin meningkat membuat debu didalam kabin akan lengket di filter AC. Nah, ini alasannya kenapa suhu di dalam kabin tidak dingin.


4. Selang kompressor bermasalah
Jika selang-selang yang berhubungan dengan kompressor alami masalah, jangan heran sistem pendingin pun akan bermasalah. Biasanya selang discharge, selang suction yang alami kerusakan. Penyebabnya cukup bervariasi, bisa karena tekanan panas berlebih atau digigit tikus.

5. Kondensor AC rusak
Bentuknya hampir-hampir mirip dengan radiator yang juga terdapat di bagian depan mobil. Jika komponen ini rusak, maka secara otomatis sistem pendingin bermasalah. Tahap awal mungkin suhu di kabin terasa hangat, diikuti dengan tidak berfungsinya bagian AC.

Posting Komentar untuk "AC Mobil Kurang Dingin, Ini 5 Penyebabnya"