Apa Arti 3 Warna Berbeda di Panel Indikator Mobil? Ini Penjelasannya

Salah satu komponen penting untuk mengetahui apakah mobil mengalami gangguan atau tidak adalah lampu indikator. Komponen ini bisa diibaratkan seperti alarm yang memberikan peringatan agar segera dilakukan tindakan tertentu. Hanya saja lampu indikator tidak selalu seperti alarm yang mengeluarkan bunyi, cukup dengan beberapa tanda disertai warna yang berbeda.


Tidak semua pengendara mobil mampu memahami sejauh mana fungsi lampu indikator. Bahkan ada yg tidak mengetahui arti lambang-lambang berwarna yang terdapat di panel instrument(speedometer). Padahal penting untuk punya pengetahuan dasar tentang berbagai komponen yang terdapat di mobil, khususnya panel indikator. Tujuannya agar anda tahu langkah-langkah apa yang harus segera dilakukan sebelum mobil alami kerusakan.

Nah, lambang-lambang di panel indikator biasanya mencakup engine, oli mesin, aki dan ECU. Tapi untuk mengetahui apakah semuanya masih berfungsi dengan baik atau mengalami trouble, itu ditandai dengan 3 warna berbeda yaitu hijau, kuning dan merah. Apa arti ketiga warna tersebut? Ini penjelasan singkatnya.

Arti 3 warna berbeda di panel indikator mobil

1. Warna hijau
Saat lampu indikator menyala dan berwarna hijau, itu mengartikan komponen atau part yang terdapat di mobil sedang bekerja sebagaimana mestinya. Misalnya lambang foglight dan ECHO terlihat berwarna hijau, berarti kedua bagian ini sedang digunakan dan itu berfungsi dengan baik.


2. Warna kuning
Jika warnanya kuning, anda harus segera berkonsultasi dengan bagian service. Karena tidak semua hal bisa anda simpulkan sendiri. Memang, mobil masih bisa digunakan, tapi menyalanya warna ini bisa dikatakan sebagai pengingat untuk waspada. Misalnya jika lampu engine menyala berwarna kuning, jangan langsung menyimpulkan ada kerusakan pada mesin. Bisa saja itu terjadi karena selang-selang di area engine digigit tikus atau mobil anda baru saja melewati genangan air yang cukup tinggi.


3. Warna merah
Jika lampu indikator menyala berwarna merah, itu merupakan tanda telah terjadi kerusakan yang cukup fatal di mobil anda. Jangan menunda-nunda untuk segera menanganinya, ini cukup urgent. Tidak disarankan untuk mengendarai mobil lagi jika lampu indikator sudah menyala berwarna merah. Segera hubungi layanan service 24 jam, agar mereka sesegera mungkin membawa mobil anda ke bengkel untuk diperiksa.

Posting Komentar untuk "Apa Arti 3 Warna Berbeda di Panel Indikator Mobil? Ini Penjelasannya"