Berbahayakah Menempatkan Anak Kecil di Jok Depan Motor? Ini Ulasannya

Saat mengendarai sepeda motor bersama keluarga, penting sekali untuk mengutamakan aspek keselamatan. Sebelum berangkat, pastikan semua komponen di motor anda tidak ada yang mengalami masalah. Demikian pula aspek safety riding, hal ini pun perlu mendapat perhatian. Tapi bagaimana dengan kapasitas penumpang? nah, ini juga seringkali jadi bahan pembicaraan. Ada yang mengatakan cuma 2 orang, ada pula yang mengatakan bisa 3 orang dengan syarat 1 penumpang ditaruh didepan pengendara. Apakah hal seperti itu disarankan oleh pengamat kendaraan bermotor? Ini analisisnya.


Seorang pengamat di bidang otomotif mengatakan bahwa menempatkan 1 orang di jok depan walaupun itu cuma anak kecil merupakan tindakan yang sangat berbahaya. Kelihatan sepele memang, tapi beberapa kasus kecelakaan disebabkan oleh hal ini. Bisa jadi pengendara menganggap, jika anak kecil ditaruh di jok depan, maka motor akan lebih seimbang saat dikendarai. Apakah ini benar? belum tentu. Saat mengendarai motor, pasti harus memegang setang motor dengan kuat, agar motor bisa diarahkan kekanan atau ke kiri.

Apa yang terjadi jika anak kecil diletakkan didepan jok? pasti anda akan lebih kesulitan untuk mengarahkan motor, bahkan anda bisa kesulitan untuk memiringkan setang sesuai dengan karakteristik jalan. Jika sudah seperti ini, kecelakaan pun tidak akan bisa dihindari. Polisi juga berulang kali mengingatkan agar pengendara motor lebih berhati-hati sewaktu berada di jalan raya. Jika bisa cukup 2 orang saja yang naik motor, tapi jika ada anak kecil yang ikut hendaknya berada diposisi tengah saja.


Itu pun dengan beberapa catatan yaitu pijakan kaki di kanan kiri harus tersedia, agar si anak bisa menaruh kakinya dipijakan tersebut. Catatan lainnya yaitu tidak boleh ada barang yang cukup besar dan memakan banyak tempat. Ini sangat penting agar keseimbangan tetap terjaga.

Jika pengendara tetap ngeyel dan tidak memikirkan aspek keselamatan maka ini bisa membahayakan dirinya dan penumpang termasuk juga pengendara lainnya di jalan raya. Maka, selalu pastikan hal-hal mendetail seperti ini, agar anda dan keluarga bisa selamat sampai ditujuan.

Posting Komentar untuk "Berbahayakah Menempatkan Anak Kecil di Jok Depan Motor? Ini Ulasannya"