Cara Mengalahkan Rasa Cemburu Yang Berlebihan

Rasa cemburu kadang bisa muncul karena ada ketidakpercayaan terhadap pasangan. Perasaan ini cukup wajar dalam hubungan asmara. Ini merupakan bukti bahwa anda sangat menyayanginya. Tapi jika rasa cemburu ditunjukkan berlebihan, akan ada ketidaknyamanan dalam menjalani suatu hubungan. Bahkan kemungkinan terburuknya yaitu hubungan tidak akan berlanjut ke tahap berikutnya.


Harus diakui semua manusia pasti pernah cemburu, entah apapun penyebabnya. Tapi janganlah berlarut-larut terbawa dalam perasaan seperti ini. Rasa cemburu bisa menyakiti diri anda secara perlahan-lahan. Ada sebuah kutipan dari buku yang ditulis ribuan tahun yang lalu, bunyinya seperti ini "kecemburuan adalah kebusukan bagi tulang". Pesan yang disampaikan adalah rasa cemburu bisa mendatangkan penyakit bahkan kematian. Maka teruslah berupaya untuk mengalahkan rasa cemburu dalam diri anda.

Cara mengalahkan rasa cemburu yang berlebihan

1. Pastikan kebenaran suatu informasi
Jangan langsung menuduh pasangan anda melakukan hal yang tidak-tidak. Selalu berupaya untuk memastikan pokok masalahnya sesuai dengan fakta yang ada bukan berdasarkan apa yang dikatakan orang lain. Dengan lembut dan pengasih, berbicaralah kepada pasangan anda. Tanyakan kepadanya apakah benar gosip yang beredar, lalu pastikan melalui bukti-bukti yang konkret.


2. Pikiran yang tenang
Rasa cemburu bisa diatasi jika pikiran anda tenang. Anda akan lebih mudah memahami sesuatu saat pikiran anda benar-benar tenang. Ini berbeda sekali saat pikiran anda benar-benar tidak jernih, kemungkinan besar anda akan marah-marah dan bahkan bertindak tidak sesuai dengan akal sehat.

3. Rasa sayang harus lebih besar
Agar rasa cemburu bisa dikalahkan rasa sayang hendaknya harus lebih besar. Anda tidak akan mudah meledak-ledak tidak terkendali jika rasa sayang sangat dominan dalam diri anda. Buktikan melalui kata-kata dan tindakan bahwa anda memang sangat menyayanginya. Jangan langsung percaya pada kabar angin yang beredar, rasa sayang akan menepis semua keraguan yang ada pada diri anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mengalahkan Rasa Cemburu Yang Berlebihan"