Indikator Oli Mesin Mobil Menyala, Itu Tanda Apa? Ini Ulasannya

Masih membahas soal lampu indikator di mobil, kini kami akan menjelaskan kepada anda salah satu bagian yang terdapat di panel indikator yaitu logo bergambar oli menetes. Apa arti logo tersebut? Pada saat mobil dinyalakan dan di panel indikator logo bergambar oli menyala, itu berarti ada trouble yang berhubungan dengan volume oli. 


Ada kemungkinan volume oli makin berkurang secara perlahan dan ini memang belum berdampak buruk pada mesin secara keseluruhan. Tapi jika dibiarkan dalam waktu yang lama, bisa mengakibatkan kerusakan pada engine. Gejala awal ditandai dengan oli menetes sedikit-sedikit saat mobil diparkirkan atau mobil semakin berat tarikannya. Beberapa kasus bongkar mesin mobil dibengkel diawali dengan gejala-gejala tadi, tapi pemilik mobil tidak langsung memeriksakannya ke bagian service di bengkel. 

Jika anda mulai melihat gejala-gejala seperti lampu indikator menyala dan oli menetes, langkah apa yang sebaiknya segera anda lakukan? Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah memeriksa volume olinya. Bagaimana caranya? buka stick oli dan lihat ukuran ketinggian oli mesin. Jika sudah berkurang, segera konsultasi dengan bagian service yang mengerti betul bagian engine.


Untuk pemeriksaan berikutnya selain melihat stick oli adalah pengamatan pada bagian engine secara menyeluruh, misalnya bagian cylinder head, pompa oli dan seal-seal yang berhubungan dengan kebocoran oli. Jika sudah parah tingkat kerusakannya, pemeriksaannya tidak cukup hanya berdasarkan lampu indikator saja, tapi harus membongkar mesin untuk melihat bagian mana saja yang harus diganti.


Beberapa komponen yang harus diganti mencakup pompa oli, switch tekanan oli, atau valve oil control. Semua komponen ini sangat memengaruhi kinerja oli di mobil yang anda kendarai. Harganya pun tak tanggung-tanggung, ada yang mencapai 1-2 jutaan. Biasanya setelah semua komponen yang rusak diganti, lampu indikator tidak akan menyala lagi, sehingga anda lebih tenang dan nyaman saat mengendarai mobil.

Posting Komentar untuk "Indikator Oli Mesin Mobil Menyala, Itu Tanda Apa? Ini Ulasannya"