Ini 7 Bagian di Mobil Yang Harus Kamu Periksa Sebelum Berkendara ke Luar Kota


Kamu pasti suka bepergian ke tempat yang jauh, entah itu rekreasi ataupun mengunjungi sanak saudara. Seringkali untuk menjangkau tempat yang cukup jauh, kamu pasti menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Nah, mungkin kamu menggunakan mobil agar lebih safety sampai ke tujuan. Namun apakah tidak perlu memeriksa bagian-bagian vital pada mobil sebelum kamu berangkat? pasti perlu. Ini berhubungan dengan aspek keselamatan berkendara masbro. Sebelum berkendara ke luar kota, inilah komponen-komponen yang harus kamu cek dan ricek.


1. Periksa semua lampu
Coba periksa setiap lampu sebelum berangkat. Mungkin diawali dengan pemeriksaan lampu depan sekaligus lampu kota, pastikan semuanya masih berfungsi dengan baik. Setelah itu lanjut ke pemeriksaan lampu kabut atau yang biasa disebut foglamp, ini sangat berpengaruh besar khususnya jika anda memutuskan untuk berangkat di malam hari. Nah, jangan lupa untuk memastikan lampu rem dan lampu sein juga, sewaktu-waktu mobilmu mungkin melambat, lampu rem seolah memberitahu pengendara di belakangmu agar melaju dengan kecepatan rendah. Dengan demikian mobilmu bisa terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

2. Periksa spion
Mungkin kamu yang bertindak sebagai driver, nah pastikan apakah spion sudah berfungsi dengan baik. Biasanya di bagian depan mobil terdapat tombol switch mirror, cek apakah masih berfungsi. Jangan lupa untuk mengatur posisi spion di kanan kiri dengan baik, agar bisa terlihat jelas di pandanganmu. Atur juga posisi spion kecil yang berada di dalam kabin, ini penting untuk melihat bagian belakang kabin.

3. Karet wiper
Jangan lupa untuk memeriksa karet wifer sebelum berangkat. Ini sangat penting khususnya saat kamu berkendara di musim hujan. Coba tekan saklar wifer dan lihat apakah karet wifer bisa membersihkan kaca depan dengan baik. Jika kaca depan bergaris, itu merupakan tanda-tanda bukan karet yang menggesek kaca tapi plat yang terdapat diantara karet.

4. Periksa oli mesin
Untuk memeriksa oli mesin tidaklah sulit. Lihat saja melalui stick pengukur oli, perkirakan volume oli apakah sudah banyak menyusut. Pegang dengan jarimu oli bekasnya, lihat warna dan kekentalannya, pertimbangkan apakah sudah saatnya dilakukan pergantian atau belum. Biasanya oli yang sudah lama tidak diganti bisa juga diketahui dari panel indikator, lampu check oli menyala.

5. Periksa rem
Untuk memastikan bagian ini perlu dilakukan beberapa langkah. Saat berkendara, coba test untuk memijak pedal rem, jika kamu mendengar bunyi di bagian ban, itu berarti canvas rem sudah menipis. Jika tetap dipaksakan untuk menempuh perjalanan jauh, piringan rem akan terus tergesek dan akhirnya rusak. Masalah pengereman cukup sensitif, jika kamu sepele kecelakaan tidak dapat dihindarkan.


6. Ban serap dan tekanan angin
Bukan tidak mungkin ban bisa kempes, tentunya ini menghambat perjalananmu. Penyebabnya mungkin ban terkena benda tajam di tengah perjalanan. Nah, sebelum berangkat penting untuk memastikan ban serap bisa dipakai saat terjadi peristiwa tidak terduga. Jangan lupa mempersiapkan dongkrak beserta kunci-kunci untuk membongkar ban. Lalu periksa tekanan angin ban, agar anda merasa nyaman saat mengendarai mobil.

7. Periksa selang-selang
Buka kap mesin dan periksa bagian selang-selang. Yang patut diperhatikan adalah selang radiator apakah mengalami kebocoran. Periksa juga selang-selang yang berhubungan dengan thermostat, ini sangat vital. Jika anda ceroboh, temperatur dibagian mesin akan naik dan lampu engine biasanya akan menyala. Jangan lupa untuk memeriksa selang AC, ini berpegaruh besar ke kompressor AC dan sistem pendingin ruangan kabin.

Posting Komentar untuk "Ini 7 Bagian di Mobil Yang Harus Kamu Periksa Sebelum Berkendara ke Luar Kota"