Inilah 3 Tips Mengelola Keuangan Setelah Terkena PHK

Tips mengelola keuangan setelah terkena PHK-Pandemi virus corona memberikan dampak luar biasa bagi ekonomi global. Banyak perusahaan yang harus melakukan efisiensi, ini mencakup pemutusan hubungan kerja kepada karyawan kontrak dan tetap bahkan ini juga berlaku untuk karyawan yang sudah bekerja dalam jangka waktu yang lama. Ini menyasar bukan hanya karyawan di bagian teknis atau lapangan tapi juga yang sudah mempunyai jabatan tinggi di perusahaan.


Bagi karyawan yang terkena PHK, semuanya kini jadi lebih sulit. Uang yang tersisa termasuk tabungan dan pesangon harus dikelola dengan baik. Jika tidak bisa memanage keuangan, kesulitan pasti makin bertambah. Bukan tidak mungkin, biaya untuk bertahan hidup bisa habis. Mengatur keuangan di masa pandemi bukanlah perkara mudah, ada saja biaya yang tidak terduga dan ini diluar perkiraan awal.

Maka sangat penting untuk menghitung atau mengkalkulasikan dana yang keluar sehari-hari atau selama 1 bulan penuh. Jika bisa, catat pengeluaran di buku agar anda tidak ceroboh mengelola keuangan. Pilih mana yang harus jadi prioritas, mana yang bukan. Dengan mencatat kalkulasi pengeluaran, anda bisa mengunakan dana sisa untuk kebutuhan penting yang lain. Berikut ini tips mengelola keuangan setelah terkena PHK.

Tips mengelola keuangan setelah terkena PHK

1. Pilih yang prioritas
Yang termasuk di bagian ini adalah kebutuhan pokok, pembayaran listrik dan air, pembayaran cicilan rumah. Ini semua kebutuhan yang harus dipenuhi, namun yang paling utama adalah kebutuhan pokok. Manusia bisa mati jika kebutuhan pokok tidak terpenuhi. Untuk listrik, air dan cicilan rumah juga harus dibayarkan setiap bulannya, karena aktivitas sehari-hari berhubungan dengan 3 hal ini. Upayakan jangan menunggak, karena bisa makin membuat rumit keadaan.


2. Penyesuaian biaya pulsa dan paket internet
Nah, ini bagian yang harus mendapat penyesuaian masbro. Jika sebelum terkena PHK anda biasa mengeluarkan biaya untuk paket dan pulsa dengan jumlah 300.000, bisa dilakukan penyesuaian dengan menguranginya menjadi 150.000. Utamakan browsing internet seperlunya saja misalnya untuk mencari info pekerjaan ataupun untuk membayar tagihan. 

3. Kurangi frekuensi rekreasi
Ini bisa jadi sulit sob untuk melakukannya. Manusia butuh rekreasi untuk menghilangkan kejenuhan. Tapi untuk berekreasi dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Jangan memaksakan untuk rekreasi jika dana  yang anda miliki saat ini benar-benar terbatas. Buatlah kegiatan di rumah jadi tampak menyenangkan bagi diri anda dan keluarga. Mudah-mudahan setelah anda mendapatkan pekerjaan lagi, rekreasi bersama keluarga bisa terwujud.

Posting Komentar untuk "Inilah 3 Tips Mengelola Keuangan Setelah Terkena PHK"