Kiat-kiat agar Hubungan Persahabatan Bertahan Lama

Hubungan persahabatan tidak selalu mulus-mulus saja. Ini disebabkan karena setiap orang punya karakter dan latar belakang yang berbeda. Bahkan, tidak jarang terjadi perselisihan sengit antar sahabat dan akhirnya tidak mau berkomunikasi lagi. walau kadang ada perbedaan pendapat, berupayalah untuk tetap mempertahankan hubungan persahabatan yang baik. Manusia adalah mahluk yang butuh interaksi sosial, bantuan dan dukungan sahabat sangat dibutuhkan untuk menghadapi problem.


Ada yang berpendapat tidak perlu punya sahabat karena mampu bertahan dengan mengandalkan diri sendiri. Opini ini jelas-jelas salah. Sahabat bisa memberikan saran dan nasihat khususnya sewaktu problem anda begitu berat. Ia bahkan mau mendengarkan cerita dan keluhan anda. Memang tidak ada yang bisa menjamin hubungan persahabatan akan bertahan dalam waktu yang lama. Namun coba pertimbangkan kiat-kiat berikut ini.

Kiat-kiat agar hubungan persahabatan bertahan lama

1. Punya waktu buat sahabat
Sahabat yang baik pasti selalu menyediakan waktu untuk berkomunikasi. Sahabat juga bukan hanya mendengarkan dan berbicara dengan lembut, namun juga selalu mengingatkan dan memberi nasehat jika anda melakukan kesalahan. Untuk bisa berkomunikasi dari hati ke hati pasti dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Upaya dan waktu yang diberikan harus anda hargai dengan sepenuh hati.

2. Terapkan aturan emas
Menerapkan aturan ini akan membuat hubungan persahabatan bisa bertahan lama. Aturan emas secara sederhana berbunyi seperti ini: "Anda ingin diperlakukan dengan baik, anda juga harus melakukan hal yang sama kepada sahabat anda terlebih dahulu". Sekilas kata-kata ini memang tampak sederhana dan tidak sulit untuk melakukannya. Namun pada kenyataannya banyak orang tidak mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Padahal ini merupakan dasar yang tepat untuk menjalin hubungan persahabatan yang sejati.


3. Jika ada perselisihan, segera selesaikan
Perselisihan bisa kadang-kadang muncul, mungkin karena perbedaan pendapat. Tapi ada baiknya itu jangan dibiarkan berlarut-larut, segera selesaikan dan berbicara baik-baik. Sangat penting untuk menyampaikan permintaan maaf dengan tulus. Terima juga dengan lapang hati permintaan maaf dari sahabat anda. Ini merupakan bukti kalian sangat menghargai satu sama lain.

4. Menghargai perbedaan usia
Kadang-kadang anda pasti bersahabat dengan orang yang jauh lebih tua atau yang lebih muda dari anda. Cobalah untuk saling mengerti dan menghargai satu sama lain. Jangan karena lebih tua, anda bebas memperlakukan sahabat semau anda. Jika anda lebih muda, jangan bertindak kekanak-kanakan. Lebih baik saling melengkapi dengan memberikan saran dan nasehat yang bagus untuk memeperoleh kesuksesan dalam hidup.

Posting Komentar untuk "Kiat-kiat agar Hubungan Persahabatan Bertahan Lama"