Kontroversi Teknologi VAR di Dunia Sepakbola

Sepakbola dunia kini telah berkembang pesat khususnya soal teknologi. Belakangan teknologi VAR telah ditambahkan di setiap pertandingan liga champions dan liga-liga top di eropa. Video Assistant Referee atau yang biasa disingkat VAR digunakan untuk mengawasi berlangsungnya pertandingan melalui tayangan ulang video, tapi keputusan akhir tetap berada di tangan wasit utama setelah berdiskusi dengan asisten wasit yang berada di ruang VAR.


Teknologi VAR diklaim mampu membantu wasit menganalisis suatu peristiwa yang bahkan sulit terjangkau penglihatan wasit di lapangan dari video-video yang dipasang di area sekeliling lapangan. Gol yang tercipta, jarak antar pemain saat offside dan pelanggaran ringan atau keras adalah hal-hal yang mampu diteliti melalui tayangan ulang dan kadang luput dari penglihatan wasit utama dan asisten wasit.

Tapi teknologi VAR kadang menimbulkan kontroversi juga. Selain pertandingan sering tertunda beberapa menit, apa yang terjadi dilapangan tidak sesuai dengan apa yang diputuskan oleh wasit. Ini tentunya membuat kesal pelatih-pelatih terkenal seperti Jose Mourinho dan Pep Guardiola. Kadang mereka merasa di rugikan, karena teknologi VAR telah mengubah hasil pertandingan yang mereka lakoni.

Yang paling disoroti adalah keputusan wasit menunjuk titik putih atau penalti. Beberapa peristiwa pelanggaran terlihat seperti diving berlebihan, kontak fisik 50:50, dan sedikit sentuhan saja, tapi walaupun wasit telah melihat tayangan ulang tetap saja ia menunjuk titik putih. Jelas keputusan wasit ini, membuat tim yang dirugikan ngomel-ngomel saat diwawancarai oleh media.


Terlepas dari semua kontroversi yang terjadi, teknologi VAR masih tetap digunakan sampai saat ini. Cukup wajar bila kadang ada yang dirugikan dan ada yang diuntungkan, namun teknologi ini dirasa cukup mampu memberikan keadilan. Secanggih-cangih apapun teknologi di dunia ini, tetap saja yang mengoperasikannya adalah manusia yang tidak sempurna. Pasti ada saja kesalahan yang dilakukan dan ini bisa merugikan tim yang bertanding. Bagaimana dengan pendapat bosque? Apakah setuju dengan penggunaan teknologi ini? 

Posting Komentar untuk "Kontroversi Teknologi VAR di Dunia Sepakbola"